HOME » BERITA » 11 TAHAP PROSES UJI KIR DI HAM

11 Tahap Proses Uji Kir di HAM

Rabu, 15 Februari 2017 09:00

11 Tahap Proses Uji Kir di HAM
Truk Hino by Istimewa
Editor : Nurrohman Sidiq | Reporter : Dimas Wahyu, Nazar Ray

Otosia.com - PT Hibaindo Armada Motor (HAM) yang merupakan diler resmi Hino meresmikan fasilitas tempat pengujian kendaraan swasta di dealer Hino HAM Cakung Jl Raya Bekasi Timur Km 22 Cakung, Jakarta Timur.

Ini merupakan fasilitas swasta pertama di Indonesia dan memiliki sejumlah keunikan, dari adanya loket, sistem booking, hingga bengkel untuk perbaikan sehingga bisa uji kir ulang jika gagal.

Bagaimana prosesnya? Setiap kendaraan yang melakukan uji kir di diler Hino HAM Cakung diawali melakukan pendaftaran di counter service advisor. Langkah kedua, kendaraan akan melewati proses uji visual pertama tentang kondisi fisik kendaraan.

Ketiga, ada noise test guna mengukur kebisingan kendaraan, lalu emisi tes untuk mengukur emisi gas buang, kemudian load test untuk mengukur beban kendaraan, dan brake test guna mengukur fungsi pengereman.

Ketujuh, ada speed test atau mengukur kecepatan, lalu pengujian lampu utama, side slip, uji kuncup roda depan. Tahap kesebelas adalah uji visual 2 untuk mengecek kondisi fisik di bagian bawah kendaraan, seperti gardan, propeller shaft, kaki-kaki, dan bagian lainnya.

Setiap kendaraan yang telah selesai dan lulus akan mendapatkan buku uji, pelat uji, dan stiker tanda samping.

Kendaraan yang gagal dalam uji kir dapat langsung diperbaiki oleh mekanik di bengkel resmi Hino HAM yang letaknya bersebelahan dengan alur uji kir. Dengan begitu, kendaraan yang telah diperbaiki dapat langsung kembali melakukan uji kir ulang dengan tujuan untuk menghemat waktu dan selesai pada hari yang sama sehingga fasilitas ini berbentu "one stop services", tetapi saat ini hanya berlaku untuk Hino.

(kpl/why/nzr/sdi)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-3-21
detail

BERITA POPULER