HOME » BERITA » 12 MOBIL TERBAIK 2012 - 2013 VERSI CARMALL

12 Mobil Terbaik 2012 - 2013 Versi CarMall

Sabtu, 19 Januari 2013 12:15

Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
12 Mobil Terbaik 2012 - 2013 Versi CarMall

Otosia.com - Memperingati hari ulang tahun CarMall.com yang pertama di Indonesia pada bulan Agustus 2012 lalu, tim redaksi CarMall.com menyelenggarakan program CarMall Car Buyers Guide 2012 - 2013.

Kegiatan ini sendiri sedianya akan menjadi puncak agenda tahunan tim redaksi CarMall.com untuk kebutuhan Audiens yang saat ini (data bulan November 2012) nyaris menyentuh angka 400.000 pengunjung per bulan (berdasarkan IP Address di Google Analytics), melalui rancangan katalog berdasarkan mobil-mobil yang telah diuji sepanjang tahun 2012.

Melalui enam kriteria data yang ditetapkan, tim redaksi CarMall.com telah mengetes 57 mobil sepanjang tahun 2012. Skala penilaian diwakilkan dengan skala angka antara 1 - 5; Baik Sekali (5), Baik (4), Cukup Baik (3), Cukup (2), Biasa (1)

Berikut enam kriteria penilaian 'Carmall Car Buyers Guide 2012 - 2013' :

Harga: Penilaian didasarkan pada keterkaitan antara harga paling terjangkau dengan fitur/fasilitas paling berlimpah.

Eksterior: Penilaian meliputi tampilan/desain, kualitas finishing dan material yang digunakan, fasilitas eksterior, hingga paket inovasi. (Skala 1 - 5)

Interior: Penilaian meliputi tampilan/desain interiornya, fasilitas dan fitur kenyamanan serta hiburan, hingga faktor kelegaan ruang. (Skala 1 - 5)

Rekayasa Teknikal dan Performa: Didasarkan pada impresi berkendara yang dirasakan tim Editorial CarMall.com selama pengujian, mulai kinerja mesin, kinerja kaki-kaki, kekedapan kabin, faktor dinamis pengendaraan, hingga manfaat aplikasi teknologi yang diterapkan pada kendaraan. (Skala 1 - 5)

Ramah Lingkungan: Didasarkan pada fitur/komponen yang diaplikasi pada mobil yang ramah lingkungan, khususnya pada  mesin (standar emisi gas buang) dan efisiensi BBM. (Skala 1 - 5)

Fitur keamanan dan keselamatan: Didasarkan pada fitur keselamatan dan keamanan standar kendaraan yang membantu dan mempermudah kinerja pengemudi dalam menghindari kecelakaan, serta indikator proteksi pada penumpang kendaraan jika kecelakaan terjadi. (Skala 1 - 5)

Dari jumlah 57 mobil tersebut, ada 49 mobil yang berhasil lolos dalam tahap seleksi awal. Pertimbangan utama dalam seleksi awal ini ada dua hal, yakni:

1. Varian mobil tersebut masih dipasarkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) dan jaringan dealer-nya hingga bulan Desember 2012.

2. Varian mobil yang diuji minimal punya satu varian komparasi dari merek yang berbeda.

Setelah melalui proses seleksi ketat akhirnya didapatkan 28 Mobil Terbaik (Juara dan Runner-Up) dari 12 kategori yang ditetapkan panitia. Dalam menetapkan ke-12 kategori di atas, tim redaksi CarMall.com berdasarkan pada tiga paradigma sebagai berikut:

1. Kemiripan ukuran dimensi kendaraan, sehingga berada dalam klasifikasi ukuran bodi kendaraan yang sama.

2. Kemiripan ukuran kapasitas mesin, sehingga berada dalam klasifikasi ukuran kapasitas mesin yang sama.

3. Kemiripan harga, sehingga berada dalam klasifikasi atau rentang harga yang sama.

Jika ada sebuah kendaraan yang dapat memenuhi minimal 2/3 dari paradigma penetapan kategori tersebut, maka diputuskan memenuhi syarat kategori yang diikutinya.(kpl/tr/bun)

Berikut adalah mobil-mobil terbaik didasarkan pada 12 kategori yang ada :

 






APA PENDAPAT ANDA ?

2014-2-20
detail-paging