HOME » BERITA » ALASAN SUZUKI PASARKAN NEX FI DI JABODETABEK DAN JABAR

Alasan Suzuki Pasarkan Nex Fi di Jabodetabek dan Jabar

Senin, 11 Juni 2012 08:12



Alasan Suzuki Pasarkan Nex Fi di Jabodetabek dan Jabar
Peluncuran Suzuki Nex Fi (Nazar Ray)

Otosia.com - PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W resmi meluncurkan skutik injeksi Nex Fi di Bandung dan Bekasi, Sabtu dan Minggu kemarin (9-10/6). Untuk tahap awal SIS roda dua hanya memasarkan Suzuki Nex Fi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

Suzuki punya alibi tersendiri membidik pasar untuk kedua area tersebut di awal peluncuran Nex. Suzuki beralasan, selain karena lebih siap dalam hal distribusi dan layanan purna jualnya, ini juga untuk melihat respon masyarakat terhadap kehadiran Nex berteknologi Fuel Injection. Setelah itu, secara bertahap Nex Fi akan hadir di kota-kota dan daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Selain itu, kontribusi penjualan motor matik di Jabodetabek dan Jawa Barat sangat besar dari total market secara nasional dibandingkan daerah lain di Indonesia.

"Ada dua hal penting, pertama sisi dari kesiapan konsumen untuk menerima teknologi Fi. Dari sumber daya, kami melihat konsumen di Jabodetabek dan dan Jawa Barat cukup siap menerima teknologi Fi. Kedua, kontribusi untuk kedua wilayah ini terhadap pasar skutik cukup besar, mencapai 32 persen bila dibandingkan total market skutik. Itu sebabnya kami berharap model ini dapat melakukan penetrasi di kedua lingkup area penting ini," ungkap Paulus Sugih Firmanto, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales 2W.

Menurut Paulus, segmen pasar yang dibidik tetap kaum remaja, namun punya tingkatan yang lebih tinggi, yakni memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan memikirkan nilai ekonomis kendaraan.

"Targetnya masih tetap remaja dan pengguna motor untuk aktifitas sehari-sehari, tapi yang sudah teredukasi, pengetahuannya jauh lebih aware dan punya visi ke depan. Mereka ini sudah mulai peduli lingkungan dan mempertimbangkan faktor ekonomi lebih detail lagi. Inilah perbedaan target pasar antara Nex Fi dengan karburator," tandas Paulus.

Keunggulan lain yang bisa didapatkan pengendara jika mengendarai Nex Fi, lanjut Paulus, adalah kemudahan dan murahnya biaya perawatan. Ini dimungkinkan karena tidak perlu lagi membersihkan karburator secara berkala.

Selain itu suku cadangnya cukup terjangkau dan didukung teknisi spesialis fuel injection Suzuki yang terlatih serta peralatan yang modern dan lengkap di bengkel 3S (Sales, Service, Spare Part).

Suzuki juga menjamin ketersediaan suku cadang nex Fi baik melalui dealer resmi maupun toko-toko onderdil motor dengan harga terjangkau.

"Kami sudah menyiapkan Suzuki Fi servis dengan slogan Suzuki Go Fi, artinya Suzuki sudah siap mendukung teknologi Fi ini. Di setiap jaringan kita punya Suzuki Super Fi Spesialis, perawatan mudah dan murah, serta lengkap. Terakhir kami juga sudah menyiapkan suku cadang dengan harga yang terjangkau," papar Paulus.

"Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, kami sangat yakin Suzuki Nex Fi dapat diterima konsumen di kedua wilayah ini. Bahkan saya dengar dari tim sales di Bandung sudah ada cukup banyak inden," tambahnya. (kpl/nzr/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail