HOME » BERITA » ALL-NEW FOCUS TANDAI PRODUKSI 350 JUTA UNIT FORD

All-New Focus Tandai Produksi 350 Juta Unit Ford

Jum'at, 31 Agustus 2012 18:46

All-New Focus Tandai Produksi 350 Juta Unit Ford
All-New Ford Focus (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Ford Motor Company , Jumat , merayakan tonggak penting dalam sejarah perusahaan dengan produksi kendaraan ke-350 juta unit. Kendaraan bersejarah ini adalah sebuah All New Ford Focus global, kendaraan yang dalam waktu tidak berapa lama lagi bakal mengaspal di Indonesia.

Demikian PT Ford Motor Indonesia mengumumkan pencapaian produksi FMC ke-350 juta dari pabrik Ford di Rayong, Thailand.

"Pertimbangkan sejenak, besarnya 350 juta kendaraan. Hal ini setara dengan memproduksi satu kendaraan setiap 10 detik selama 109 tahun," ujar John Fleming, Executive Vice President Ford Global Manufacturing.

Fleming melanjutkan, jika dibariskan dari ujung ke ujung, akan terbentang bolak-balik ke bulan, dua kali. "Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan menunjukkan mengapa kami semua sangat gembira dalam menyambut masa depan," imbuhnya.

Ford merayakan tonggak produksi ini di fasilitas produksi global terbarunya di Rayong, Thailand, sekitar 200 kilometer di sebelah tenggara Bangkok. Fasilitas Ford Thailand Manufacturing senilai U$ 450 juta, dibuka di bulan Mei 2012 untuk memproduksi Ford Focus global.

FTM mencerminkan kemampuan produksi global terbaru Ford, dengan mesin-mesin cetak stamping baru, body shop dan kemampuan robotika yang fleksibel memungkinkannya untuk memproduksi hingga enam kendaraan yang berbeda secara bersamaan.   

"Memproduksi kendaraan ini untuk Ford di Thailand lebih dari sekadar tonggak sederhana. Hal ini melambangkan rencana kami untuk menghasilkan pertumbuhan dengan membangun produk global yang hebat di fasilitas yang sangat fleksibel dan efisien, bukan hanya di Thailand, tapi di seluruh dunia," urai Fleming.

Sebagai bagian dari rencana One Ford untuk pasar regional Asia Pasifik Afrika , sejak tahun 2006 lalu Ford telah melakukan investasi sebesar U$ 6,7 miliar di wilayah ini. Ford melakukan investasi besar-besaran dan melakukan perluasan secara agresif untuk memenuhi kebutuhan konsumen di wilayah ini.

Konsumen di wilayah ini diperkirakan akan mencapai 60 persen dari pertumbuhan industri masa depan hingga 2020.

Contoh investasi utama dan prakarsa pertumbuhan Ford di Asia Pasifik Afrika di antaranya meluncurkan sembilan fasilitas baru, yang terdiri enam di China, dua di India dan satu di Thailand. Seluruh fasilitas tersebut memiliki kapasitas produksi 2,9 juta kendaraan hingga pertengahan dasawarsa.

Selain itu dengan nilai penanaman modal tersebut, Ford akan membawa lebih dari 50 kendaraan dan powertrain baru ke pasar ini hingga pertengahan dasawarsa, termasuk 15 kendaraan ke China hingga tahun 2015, delapan kendaraan ke India hingga tahun 2015, delapan kendaraan ke ASEAN hingga pertengahan dasawarsa, dan empat kendaraan ke Taiwan.

Ford juga berupaya mencapai 95 persen volume APA pada platform global hingga pertengahan dasawarsa, sekaligus menggandakan jumlah dealer di wilayah ini hingga pertengahan dasawarsa, termasuk memperluas jaringan dealer Ford di Indonesia.(kpl/nzr/bun)






APA PENDAPAT ANDA ?

2014-2-20
detail