HOME » BERITA » ASTRA RAIH WEALTH ADDED CREATOR AWARD 2012

Astra Raih Wealth Added Creator Award 2012

Senin, 18 Juni 2012 19:35



Astra Raih Wealth Added Creator Award 2012
Astra International

Otosia.com - PT Astra International, Tbk. berhasil meraih penghargaan Wealth Added Creator Award 2012 atas kiprahnya menduduki peringkat terbaik untuk kategori Indonesia The Best Public Companies Based on Wealth Added Index (WAI) untuk seluruh kategori (Overall) 2012 dan ASEAN The Best Public Companies Based on WAI (Overall) 2012 yang diselenggarakan oleh konsultan bisnis internasional Stern & Co bersama Majalah SWA di Shangrila Hotel, Jakarta, pekan lalu.  Selain menerima dua penghargaan tersebut, Astra juga meraih 1st Ranking of Indonesia The Best Public Companies Based on WAI Method untuk kategori Automobiles & Components dan 1st Ranking of ASEAN The Best Public Companies Based on WAI 2012 untuk kategori Automobiles & Components. Perhitungan Stern & Co menggunakan pendekatan WAI untuk mengukur kinerja perusahaan yang masuk dalam peringkat SWA100. Perusahaan yang berhasil menciptakan nilai WAI tinggi berarti nilai perusahaan (Corporate Value) juga semakin tinggi. Angka WAI PT Astra International Tbk tercatat sebagai yang tertinggi di Indonesia bahkan tingkat ASEAN yaitu sebesar Rp 173,12 triliun. Angka tersebut meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan angka WAI di tahun sebelumnya, yaitu senilai Rp. 87,49 triliun dan memiliki kapitalisasi pasar Rp. 299,58 triliun.  "Kebangkitan Astra dari keterpurukannya di tahun 1998 menjadi pengalaman berharga bagi kami. Kami bersyukur kondisi Astra mengalami kebangkitan pada tahun 2005 - 2006, Astra terus berkembang hingga saat ini terus berfokus pada 6 divisi utamanya, yaitu otomotif, Jasa Keuangan, alat berat & pertambangan, agribisnis, infrastruktur dan teknologi, serta teknologi informasi," ungkap Presiden Direktur PT Astra International, Tbk., Prijono Sugiarto.

Lebih lanjut Prijono Sugiarto menambahkan, untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan, Astra telah lama memperkenalkan konsep strategi 3W, yaitu Winning Concept, Winning System dan Winning Team. Sebagai perwujudan dari konsep 3W tersebut, manajemen Astra telah merumuskan strategi Triple Roadmap.

Pertama, Portfolio Roadmap yaitu memperkuat strategi yang sudah ada, memperkokoh sinergi antar grup dan menjajaki bisnis baru. Kedua, People Roadmap melalui pelatihan yang sistematis dan terus meningkatkan inovasi dan improvement. Ketiga, Public Contribution Roadmap atau tanggung jawab terhadap publik di bidang sosial dan menciptakan perusahaan yang ramah lingkungan. Selama 55 tahun berkiprah di dunia bisnis, Astra juga terus menjaga Good Corporate Governance (GCG) dengan mengelola bisnis dan aktivitas perusahaan untuk meningkatkan kemakmuran dan akuntabilitas perusahaan yang bertujuan untuk memberikan hasil yang terbaik bagi stakeholders-nya. Kesuksesan Astra beserta 161 anak perusahaannya tidak lepas dari filosofi yang dipegang teguh yakni, Catur Dharma, yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, menghargai individu dan membina kerja sama, dan senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. (kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail