HOME » BERITA » BACK TO THE BASIC, LOTUS CUKUR HABIS BOBOT ELISE

Back To The Basic, Lotus Cukur Habis Bobot Elise

Senin, 20 Maret 2017 07:15

Back To The Basic, Lotus Cukur Habis Bobot Elise
Foto: Lotus
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Merek mobil Lotus seringkali identik dengan mobil sport kecil berbobot ringan, sehingga memiliki kecepatan melibas tikungan dengan sangat cepat.

Saking ringannya, generasi awal Lotus Elise yang diluncurkan pada tahun 1996 hanya memiliki bobot 725 kg saja.

Mengikuti perkembangan jaman, berat Elise terus bertambah mengikuti kekuatan yang semakin besar, hingga kini mencapai 914 kg.

Meskipun angka 914 kg masih terbilang ringan, namun rupanya pada insinyur Lotus merasa sudah waktunya untuk kembali menjalankan diet ketat untuk mencapai bobot di bawah 800 kg.

Hasilnya, pabrikan mobil sport yang berbasis di Hethel, Norfolk, Inggris tersebut memperkenalkan Lotus Elise Sprint Edition.

Dalam mengurangi bobot, bahan serat karbon menjadi pemain utama dengan kehadirannya pada panel bodi, cover roll hoop, penyutup mesin, serta struktur jok.

Lebih lanjut penggunaan aki lithium-ion, pelek forged-alloy, serta kaca belakang berbahan polycarbon, serta mekanisme pemindahan gearbox manual 6 kecepatan yang terpapar turut digunakan dalam mengurangi bobot.

Hasilnya, setelah diet ketat yang dilakukan, Lotus Elise Sprint Edition akhirnya menembus berat seringan 795 kg saja.

Untuk perkara dapur pacu, terdapat opsi mesin Supercharged 1.6 liter bertenaga 134 hp, dan yang paling bertenaga jantung penggerak Supercharged 1.8 liter dengan daya sebesar 217 hp.

Sedangkan dalam kokopitnya terdapat koncol baru, dengan grafis panel instrumen anyar, serta sistem hiburan tersambung dengan iPod dan Bluetooth.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-3-24
detail

BERITA POPULER