HOME » BERITA » BERJUANG HIDUP, MOBIL RUSAK DIROMBAK JADI MOTOR

Berjuang Hidup, Mobil Rusak Dirombak Jadi Motor

Rabu, 11 Juli 2012 12:30



Berjuang Hidup, Mobil Rusak Dirombak Jadi Motor
Pejuangan Emile Leray di Afrika

Otosia.com - Mungkin kita sering berpikir kalau sebuah film serial asal Amerika, MacGyver yang dilakoni tokoh jagoan Richard Dean Anderson yang dikenal jenius dan memiliki kemampuan merakit suatu alat, meski dalam situasi terdesak dan hanya berbekal pisau lipat tersebut tidak mungkin terjadi.

Namun kemampuan yang dimiliki tokoh MacGyver tersebut sebenarnya ada dalam kehidupan nyata. Dia adalah Emile Leray, seorang pria berkebangsaan Prancis. Seperti yang disampaikan oleh carbuzz, dimana kejadian ini terjadi pada 1993 dan Emile mengubah mobil rusaknya menjadi sepeda motor.

Jangan berpikiran kalau dia melakukan perombakan ini pada suatu bengkel yang lengkap dengan berbagai peralatan, namun hebatnya, Emile merombak mobil rusak menjadi sebuah motor ini saat dirinya terjebak di tengah gurun Afrika dengan peralatan serba terbatas.

Awal cerita kejadian ini adalah pada saat Emile Leray ingin berkendara sendiri dengan misi menuju ke arah barat laut Afrika dengan menggunakan mobil Citroen 2CV. Namun beberapa hari kemudian dia memaksa mobil tuanya tersebut melaju ke daerah terlarang dengan medan off road dengan harapan mempercepat sampai tujuan.

Tapi sialnya, Citroen 2CV yang memang bukan mobil off road tersebut justru menabrak sebuah batu besar dan mengalami kerusakan cukup parah, karena Emile kehilangan kendali di medan berat tersebut.

Dengan kejadian tersebut, Emile hampir putus asa, apalagi dia seorang diri di tengah gurun Afrika yang terkenal panas. Emile sempat berpikir untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Namun, niatan tersebut diurungkan, lantaran jarak ke perkampungan terdekat masih sangat jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Namun dengan kejadian ini, Emile mencoba memeriksa mesin mobil Citroen 2CV dan peralatan yang dibawa pada mobilnya. Dengan peralatan yang seadanya tersebut muncul sebuah ide untuk melakukan perombakan besar untuk membuat sepeda motor dari mobilnya tersebut.

Hanya berbekal setengah liter air tersisa, dia memotong satu demi satu rangka sisa mobilnya dengan gergaji besi. Kegigihan dan keahlian yang dimiliki Emile akhirnya membuahkan hasil manis. Mobil tua kesayangan Emile pun bertransformasi menjadi motor, dengan memakan waktu 12 hari.

Dengan mengendarai motor baru hasil rombakannya, Emile akhirnya sampai di perkampungan terdekat. Sesampainya di sana, dia kembali dihadapkan masalah. Sebab, dirinya disangka sebagai seorang pemberontak dan dikenakan denda, karena dituduh mengimpor motor tanpa ada surat-surat resmi.

Tapi dari kisah ini terbukti sosok MacGyver sesungguhnya ada dan terjadi di dunia nyata. Dengan peralatan yang minim bisa membuat mobil rusak menjadi sepeda motor. Itu merupakan sebuah perjuangan hidup yang harus dihargai dan kita acungi 2 jempol. (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail