HOME » BERITA » BIO-ETHANOL BIKIN FERRARI FF LEBIH 'POWERFUL'

Bio-Ethanol Bikin Ferrari FF Lebih 'Powerful'

Sabtu, 14 Juli 2012 12:30



Bio-Ethanol Bikin Ferrari FF Lebih 'Powerful'
Ferrari FF powered by BioEthanol

Otosia.com - Ferrari memang baru beberapa bulan meluncurkan jajaran supercar baru dengan nama Ferrari FF. Tapi tampaknya Ferrari juga ingin berpartisipasi menghasilkan kendaraan super tapi dengan emisi gas buang rendah.

Dengan harapan sebuah kendaraan memiliki daya besar tapi emisi gas rendah, alhasil penambahan perangkat konversi ke E85 yang seharga €1,500 atau sekitar Rp 18 jutaan dipasangkan pada Ferrari FF ini.

Singkatan dari E85 itu adalah dimana campuran bahan bakar ethanolnya hingga 85% dan terdenaturasi dengan 15% bensin. Sehingga mesin yang menggunakan E85 akan menghasilkan tambahan daya yang sangat besar dan rendah emisi.

Bahan bakar E85 ini sebelumnya pernah digunakan pada supercar Koenigsegg Agera R. Pada saat menggunakan bahan bakar oktan 95 mesinnya hanya menghasilkan daya standar pabrikan 927 hp. Sedangkan pada saat menggunakan bahan bakar E85 daya yang di hasilkan meningkat menjadi 1099 hp.

Nah sekarang pada mesin V12 milik Ferrari FF juga mengalami peningkatan daya yang luar biasa. Dimana dahulu mesin standar hanya menghasilkan daya sebesar 651 hp, kini dengan penambahan konverter seharga 18 jutaan saja daya yang dihasilkan menjadi 887 hp.

Degan peningkatan daya yang hanya karena kualitas bahan bakar saja, akselerasi kendaraan meningkat 20%. Dahulu dengan kondisi mesin standar 0-100 km/h hanya 3.7 detik, namun sekarang dicapai kurang dari 3 detik.

Selain mobil menjadi lebih bertenaga yang menarik lagi adalah emisi yang dihasilkannya. Dahulu hasil uji emisi yang dilakukan pada Ferrari FF didapatkan emisinya 360g/km dengan menggunakan bahan bakar oktan 95. Dan pada saat menggunakan E85 hasil yang didapatkan sangat mengejutkan yakni di bawah 100g/km.   

 (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail