HOME » BERITA » BMW SERI 5 AKAN DIRAKIT DI INDONESIA

BMW Seri 5 Akan Dirakit di Indonesia

Selasa, 15 November 2011 11:12



BMW Seri 5 Akan Dirakit di Indonesia
Ilustrasi (Foto: Nazar Ray)
Mobil Terkait : Mobil Bmw X1 Dijual

Otosia.com - Mulai bulan Desember BMW Indonesia berencana merakit Seri 5 di Indonesia, setelah sebelumnya merakit Seri 3 dan X1 di pabriknya, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Niatan tersebut tak lepas dari penjualan segmen premium di Indonesia yang perlahan mulai merangkak naik, dan Seri 5 merupakan salah satu andalan BMW di kelas sedan mewah selain Seri 3.

"Bulan depan (Desember), kami memang ada rencana untuk merakit salah satu model BMW," kata Helena Abidin Corporate Communications Director BMW Indonesia, belum lama berselang. BMW X1 sDrive 18i Executive merupakan model terakhir yang dirakit di Indonesia setelah BMW Seri 3 lebih dulu dirakit.

Meski prosentase mobil premium masih sekitar 1 persen dari total pasar keseluruhan, Helena meramalkan pasarnya akan terus berkembang seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pada kesempatan yang sama BMW Indonesia melaporkan kenaikan penjualan sebesar 21% pada periode Januari - Oktober 2011 menjadi 1.249 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan segmen mobil premium sendiri secara keseluruhan dari Januari - Oktober menembus angka 4.931 unit.

"Sepanjang tahun ini, sampai Oktober penjualan kami terbesar berasal dari BMW Seri 3, terjual 466 unit. Selebihnya Seri 5 dengan penjualan 365 unit," tandas Helena. Sementara model X terjual 375 unit dan Seri 7 dilepas sebanyak 55 unit.

Sementara sejak diluncurkan Juli lalu, hingga kini inden MINI telah mencapai 126 unit di seluruh Indonesia, dan varian terbanyak berasal dari model Cooper. Sementara dari semua tipe yang ada, versi MINI Cabriolet mengisi 30 persen penjualan. "Sejak Juni sudah terjadi inden karena waktu itu kita hanya buka order saja. Untuk pengirimannya mungkin akhir bulan ini baru bisa.

Untuk mendongkrak penjualan BMW berencana merambah jaringan dealer di beberapa kota potensial di Indonesia, seperti Medan dan Makassar. Sebelumnya, BMW Group Indonesia telah menambah investasi sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp 100 miliar untuk meningkatkan kapasitas dan perluasan produksi mobil baru, yang dimulai tahun ini hingga 2013.

Investasi baru di pabrik BMW di Gaya Motor Sunter, Jakarta Utara, meliputi modernisasi lini perakitan, pemasangan peralatan baru, rekrutmen karyawan, dan pelatihan.   (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail