HOME » BERITA » BMW KEMBANGKAN TEKNOLOGI 'AUTO DRIVING'

BMW Kembangkan Teknologi 'Auto Driving'

Kamis, 19 Juli 2012 08:30



BMW Kembangkan Teknologi 'Auto Driving'
Teknologi BMW CDC (BMW technology)
Mobil Terkait : Mobil Bmw 3 Dijual

Otosia.com - Sejak tahun 2006, BMW sedang mengembangkan sebuah teknologi CDC. Teknologi ini akan membuat mobil melaju tanpa harus dikemudikan sang pemilik, dengan kata lain mobil akan melaju dengan dukungan sistem GPS dan sensor pada kendaraan. Dan uji coba ini dilakukan menggunakan BMW 3 Series dan juga pada seri 5.

Dengan menggunakan teknologi CDC, mobil akan mampu berakselerasi, melakukan pengereman, dan mendahului mobil lain yang berada di depannya. Dan dalam pengembangannya ini fitur baru telah ditambahkan yakni untuk kemampuan mengenali rambu-rambu lalu lintas.

Kinerja teknologi dari BMW ini karena menggabungkan sistem radar, kamera, laser scanners, dan ultrasound sensor untuk mengetahui jarak. Serta adanya sebuah komputer yang mampu menganalisa kondisi kemacetan yang terjadi di jalan. Dan sistem CDC ini akan mampu menganalisa jalur yang aman untuk mendahului mobil yang lebih lamban lajunya.

Pada saat diuji coba pada sirkuit Hockenheimring, Jerman, mobil ini ternyata bisa menganalisa jalur yang akan dilaluinya, sehingga mampu menikung dengan haluan dan pemilihan jalur yang ideal layaknya mobil balap.

Pada saat pengemudi ingin kembali mengemudikan kendaraan dapat mematikan sistem CDC dari kemudi. Dan sistem komputer akan tetap membantu pengemudi dalam menentukan jalur yang ideal dengan bantuan lampu LED+Nada Suara.

Apabila teknologi ini sudah dinyatakan sempurna oleh pihak BMW, maka akan sangat membantu pengemudi saat melakukan perjalanan jauh sendirian agar tidak kelelahan saat mengemudi dan dapat sampai pada tempat tujuan tepat waktu. Sistem CDC ini juga disebut sistem robotic karena mobil bisa melaju sendiri tanpa campur tangan sang pengemudi.

Teknologi ini kabarnya akan mulai diterapkan pada BMW i3, yang merupakan kendaraan elektrik pertama BMW. Dimana pada mobil ini akan ada fitur “Traffic Jam” yang memungkinkan mobil menambah kecepatan hingga 40 km/h dan mengurangi kecepatan hingga berhenti pada kondisi lalu lintas padat.

 

 (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail