HOME » BERITA » BMW PERKENALKAN MESIN 3 SILINDER LEBIH BERTENAGA

BMW Perkenalkan Mesin 3 Silinder Lebih Bertenaga


BMW Perkenalkan Mesin 3 Silinder Lebih Bertenaga
Ilustrasi Mesin TwinPower Turbo BMW
Jum'at, 14 September 2012 15:30

Otosia.com - Pabrikan BMW memperkenalkan teknologi mesin baru untuk pertahankan tahta kejayaan dalam penjualan dunia. Jajaran mesin baru BMW yang pertama adalah mesin tiga silinder TwinPower turbocharged berkapasitas 1.5 liter.

Sejak tahun 20117, BMW sudah perkenalkan strategi teknologi Efficient Dynamics untuk dipergunakan pada setiap generasi kendaraan terbarunya. Dimana mengembangkan efisiensi untuk mesin diesel dan mesin bensin yang juga didukung dengan sistem transmisi baru.

Dari berkembangnya teknologi yang ada dalam dunia otomotif, teknologi hybrid dan EV juga dipergunakan BMW dengan nama ActiveHybrid dan juga dengan model 'i'. Namun BMW percaya mesin bakar yang saat ini masih punya masa depan dan berpotensi untuk terus dikembangkan untuk menjadi lebih baik.

Maka dari itu BMW sangat serius untuk kembangkan teknologi mesin baru yang bisa menghasilkan efisiensi lebih baik. Untuk blok mesin baru ini akan menggunakan bahan alumunium. Kemudian teknologi pendukung seperti double Vanos yang dilengkapi variable camshaft control, Valvetronic variable valve timing, direct injection (common rail untuk mesin diesel). Serta tak lupa

penggunaan piranti turbocharged baik 1,2 hingga 3 unit dan tergantung dari modelnya nanti.

Setiap silinder pada mesin kapasitas 1.5 liter ini akan memiliki kapasitas 500cc. Mesin ini dirancang untuk mendapatkan efisiensi thermodinamika, halus dan tidak berisik sehingga menghasilkan tingkat kenyamanan tinggi.

Untuk keluarga baru mesin bensin TwinPower kapasitas 1.5 liter 3 silinder ini akan memiliki pilihan tenaga dari 121-221 hp dengan torsi puncak mencapai 225-330 Nm. Sedang untuk versi mesin diesel akan tersedia pilihan tenaga dari 80-180 hp dengan torsi 225-330 Nm.

Tidak hanya mesin 3 silinder ini yang baru, namun mesin 4 silinder 2.0 liter dan 6 silinder 3.0 liter juga mendapatkan peningkatan. Untuk mesin bensin tiap jenis konfigurasi silinder akan mengalami peningkatan tenaga dari 40-74 hp dengan torsi dari 60-80 Nm. Sedang untuk mesin diesel tenaga juga meningkat dari 27-60 hp dan torsinya akan naik 75-110 Nm.

Menurut pabrikan BMW, walau tenaga yang dihasilkan meningkat, efisiensi baik konsumsi BBM dan emisi gas buang CO2 akan semakin kecil. Dan mesin terbaru 1.5 liter ini akan dipergunakan pertama pada generasi terbaru keluarga Mini 2014, kemudian supercar BMW i8 hybrid serta 1 Series dan 3 Series.(kpl/vin)


Mobil Terkait : Mobil Bmw Dijual








APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail