HOME » BERITA » BMW - TOYOTA MAKIN 'MESRA'

BMW - Toyota Makin 'Mesra'

Senin, 25 Juni 2012 19:05

BMW - Toyota Makin 'Mesra'
Ilustrasi kerja sama Toyota dan BMW
Mobil Terkait : Mobil Toyota Prius Dijual

Otosia.com - Toyota berencana untuk menyuplai BMW dengan teknologi sistem penggerak hybrid dan juga hidrogen, sebagai tindak lanjut kesepakatan kerja sama dalam pengembangan mobil ramah lingkungan yang mereka awali pada bulan Desember 2011 lalu.

Kesepakatan tersebut dilaporkan harian bisnis Nikkei, Senin (25/6), dan Majalah Jerman, Der Spiegel. Presiden Direktur Toyota, Akio Toyoda, dan CEO BMW, Norbert Reithofer, akan mengumumkannya secara resmi pada pekan ini.

Joichi Tachikawa, juru bicara Toyota, mengatakan bahwa pihaknya tak bisa memberikan komentar tentang detail kerja sama yang telah diumumkan di bulan Desember 2011 dan Maret 2012 lalu itu.

"Kami telah mengumumkan kerja sama dalam hal riset dan pengembangan dengan pihak BMW, seputar teknologi yang ramah lingkungan," kata Tachikawa.

Untuk diketahui, pada bulan Desember 2011 lalu BMW telah sepakat untuk menyuplai Toyota dengan mesin diesel untuk beberapa produk Toyota yang akan dijual di Eropa pada tahun 2014 mendatang. Sebaliknya, Toyota dan BMW akan bekerja sama dalam memproduksi baterai-baterai lithium ion untuk mobil-mobil hybrid BMW.

Sistem penggerak hybrid Toyota telah diakui oleh dunia internasional melalui model Prius. Dan kini Toyota terus berupaya untuk memperbanyak mesin hybrid dengan menekan biaya produksinya. Sebelumnya, Toyota juga telah melakukan kerja sama dalam mengembangkan mesin hybrid dengan pabrikan otomotif terkemuka yang lain, seperti Mazda Motor Corp., Subaru dan Ford Motor Co. 

Sementara itu, BMW telah menyatakan akan mempertimbangkan kesepakatan kerja sama dengan PSA Peugeot Citroen. Sebab, PSA dikabarkan menjalin kerja sama dengan Opel, salah satu divisi General Motors, salah satu rival BMW di Eropa. (kpl/bun)






APA PENDAPAT ANDA ?

2014-2-20
detail