HOME » BERITA » CHINA DUKUNG KENDARAAN TENAGA LISTRIK, INDONESIA?

China Dukung Kendaraan Tenaga Listrik, Indonesia?


China Dukung Kendaraan Tenaga Listrik, Indonesia?
China Dukung Mobil Listrik (inautonews)
Sabtu, 19 Mei 2012 10:30

Otosia.com - Pemerintah China menawarkan 6 miliar Yuan (US$ 949.000.000) atau setara dengan Rp 8,811 triliun untuk mensubsidi pembelian kendaraan listrik dan kendaraan hemat BBM.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2010, Beijing pernah menawarkan rabat sebesar 3.000 Yuan kepada para konsumen kecil yang membeli mobil hemat bahan bakar. Tapi, tidak disebutkan berapa total biaya subsidi yang telah dikeluarkan saat itu.

Sedangkan pada September 2011, Pemerintah China melakukan subsidi untuk mobil dengan mesin kapasitas 1.6 liter ke bawah, di mana yang mengkonsumsi BBM sebesar 6.3 liter/100 km. Dan menariknya subsidi juga diberikan hingga sebesar 60.000 Yuan atau setara Rp 88 juta untuk setiap penjualan mobil listrik.

Subsidi ini akan ditawarkan kepada setiap perusahaan yang membangun stasiun pengisian daya mobil listrik, yang akan dipasang di setiap area parkir. Dan para pemilik mobil listrik ini juga akan mendapatkan keuntungan dari kebijakan baru ini dengan keuntungan gratis membayar biaya parkir, jalan tol dan juga biaya pengisian daya listrik.

Mobil dengan teknologi energi terbaru ini juga akan menerima subsidi jika mereka menerapkan teknologinya untuk diproduksi di China. Saat ini produksi stasiun pengisian mobil listrik difokuskan di China Timur, China Selatan dan China Utara. Tiga wilayah ini adalah area di mana kendaraan listrik dipromosikan dengan cepat.

Jika pemerintah China bisa memberikan kebijakan seperti ini, bagaimana dengan Indonesia? Jika ingin negeri ini menjadi lebih baik dan memiliki udara bersih dan bebas polusi, sekiranya bisa meniru kebijakan pemerintah China ini dengan mensubsidi dana besar demi mengadakan kendaraan listrik maupun kendaraan ramah lingkungan maupun yang menggunakan teknologi hybrid . (kpl/vin)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail