HOME » BERITA » DAHLAN ISKAN BORONG PROTOTYPE MOBNAS LISTRIK

Dahlan Iskan Borong Prototype Mobnas Listrik


Dahlan Iskan Borong Prototype Mobnas Listrik
Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (Foto: Inspirasi)
Selasa, 19 Juni 2012 20:57

Otosia.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mengatakan bahwa prototipe mobil listrik nasional akan diluncurkan pada 10 Agustus 2012 mendatang, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Empat varian mobil listrik yang akan diproduksi yaitu, kendaraan sekelas Suzuki Carry, Toyota Avanza, Honda Jazz, dan kelas premium Ferrari.

"Semua itu sebelum 17 Agustus sudah ada. Karena pada tanggal 10 Agustus Hari Teknologi Nasional, kita pamerkan dan test drive," kata Dahlan di Bogor, beberapa waktu lalu.

Keempat jenis mobil listrik ini akan diborong Dahlan dalam waktu dekat. "Saya pesan satu saja, masing-masing satu. Empat-empatnya saya pesan," sambungnya.

Mantan Dirut PT PLN itu merasa optimistis masa depan mobil listrik nasional menjanjikan, karena selain negara bisa menghemat bahan bakar minyak (BBM), juga harga kendaraan ini tidak akan terlalu mahal karena selalu akan ada temuan baru.

"Bukan hanya pemerintah yang diuntungkan karena terkait dengan penghematan penggunaan BBM dalam APBN, tapi juga masyarakat yang dapat menghemat pengeluaran," tegasnya.

Untuk harga-harga mobil listrik tersebut, yang termurah adalah yang sekelas Carry dengan harga di bawah Rp. 100 juta, kemudian yang sekelas Toyota Avanza dibanderol Rp. 200 juta. Sedangkan yang sekelas Honda Jazz berkisar di harga Rp 300 juta, hingga yang paling mahal sekelas Ferrari dengan harga antara Rp. 1,4 - Rp. 1,8 miliar on the road Jakarta.

Dia mengatakan, harga mobil listrik ini tergolong mahal karena masih dalam bentuk penelitian. "Ini harganya mahal karena masih riset," katanya.

Jika tidak ada aral melintang Indonesia segera memproduksi secara massal mobil listrik nasional pada April 2013, dengan jumlah produksi awal sebanyak 10.000 unit. (kpl/bun)


Mobil Terkait : Mobil Toyota Avanza Dijual








APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail