HOME » BERITA » DAIHATSU RESMIKAN PABRIK BARU DAN PUSAT R & D KARAWANG

Daihatsu Resmikan Pabrik Baru dan Pusat R & D Karawang

Senin, 22 April 2013 14:30



Daihatsu Resmikan Pabrik Baru dan Pusat R & D Karawang
Karawang Assembly Plant (Daihatsu)

Otosia.com - Pabrik baru PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat pagi ini, Senin (22/4), diresmikan. Peresmian pabrik tersebut dihadiri Wakil Presiden Boediono didampingi Wakil Menteri Perindustrian RI Alex Retraubun, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina, serta Presiden Direktur ADM Sudirman MR.

Turut hadir pada acara peresmian adalah Menteri Perhubungan RI, E.E. Mangindaan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Jero Wacik, Menteri Hukum dan HAM RI, Amir Syamsudin, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Bupati Karawang Ade Swara. Sekaligus Direktur PT Astra International Tbk Djoko Pranoto, Director Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation, Yasumori Ihara, Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation Jun Nakayama dan Senior Executive Director ADM Takashi Nomoto.

Pada saat yang sama, Wakil Presiden juga meresmikan Pusat Riset dan Pengembangan (Research & Development Center) Daihatsu yang memiliki fasilitas R&D Styling Building, Design Experiment Building dan Track Course awal sepanjang 1 km. Pembangunan R&D Center Daihatsu ini merupakan komitmen Daihatsu untuk memajukan industri otomotif tanah air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di luar Jepang.

Pabrik seluas 7 hektar yang berdiri di atas lahan 94 hektar ini memiliki fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan roda empat, meliputi proses Stamping, Welding, Painting dan Assembling dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact) pada fasilitas produksinya sama seperti pada pabrik Daihatsu di Kyushu, Jepang. Pabrik ini juga memiliki mesin press dengan kecepatan tinggi.

“Pembangunan pabrik baru ini telah menelan investasi lebih dari Rp 2,1 triliun sejak pemancangan tiang pertama tahun lalu, dan secara bertahap akan memiliki kapasitas produksi hingga 120.00 unit per tahun dan akan menambah kapasitas produksi total pabrik Daihatsu di Indonesia dari 340.000 unit per tahun menjadi 460.000 unit per tahun. Produk ADM ini diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota,” ujar Sudirman MR.

Pabrik baru ini merupakan pabrik Daihatsu kelima setelah Sunter Press Plant yang diresmikan Mei (1978), Karawang Casting Plant (1997), Sunter Assembly Plant (1998), Karawang Engine Plant (2006). Karawang Assembly Plant ini telah mempekerjakan lebih dari 1.700 karyawan baru sehingga total jumlah karyawan ADM saat ini mencapai lebih dari 10.000 karyawan.

Dalam membangun industri otomotif di Indonesia, Daihatsu melibatkan 165 perusahaan pemasok (supplier) lapis pertama (First Tier) dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua (Second Tier) yang mempekerjakan lebih dari 700.000 orang karyawan.

“Desain pabrik baru Daihatsu ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan menjadi pabrik perakitan kendaraan yang ideal sebagai salah satu aset nasional kebanggaan bangsa Indonesia," tutup Sudirman MR.

Artikel Terkait

Daihatsu Buka Jual Beli Mobil Seken

Daihatsu Utamakan Orang Indonesia Dulu

Berapa Sih Sebenarnya Daihatsu yang Terjual

Astra Daihatsu Kebanjiran Pujian Soal Ayla(kpl/nzr/rd)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail