HOME » BERITA » DAIHATSU SUDAH SIAP JIKA PASUKANNYA JENUH

Daihatsu Sudah Siap jika Pasukannya Jenuh

Rabu, 24 April 2013 16:15



Daihatsu Sudah Siap jika Pasukannya Jenuh
Ilustrasi: Proses produksi mobil Daihatsu

Otosia.com - PT Astra Daihatsu Motor menerapkan fleksibilitas dalam memproduksi mobil mereka di satu baris atau line produksi. Andai satu line produksi, kemungkinan bahwa pekerja akan jenuh sangatlah besar. Namun, pihak manajemen sudah mengaturnya.

Mohammad Sadewo, Production Division Head Karawan Assembly Plant, menyebut bahwa mereka melakukan penyegaran. "Dalam periode tertentu kita lakukan refreshing lagi karena shop dalam satu waktu akan jenuh sehingga direfresh lagi," ujarnya.

Selain dituntut punya keahlian mumpuni, proses kerja pun berkejar-kejaran dengan waktu. Pabrik baru PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, disebut bisa menghasilkan satu mobil hanya dalam waktu 1,65 menit. Hal itu didasari pada perhitungan bahwa hal itu didasari pada perhitungan kapasitas produksi 120.000 unit dalam setahun.

Pabrik Daihatsu - Proses Produksi

Daihatsu akan memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun dan akan menambah kapasitas produksi total pabrik Daihatsu di Indonesia dari 340.000 unit per tahun menjadi 460.000 unit per tahun.

Mereka memang terus mengejar pemenuhan permintaan produksi yang kian besar terhadap mobil produksinya. Daihatsu Gran Max sendiri menjadi yang terus digenjot. Divisi produksi dari merek tersebut pun mengaku kewalahan walau terus meningkatkan kinerja dari produksi satu mobil per tiga menit menjadi lebih cepat lagi dan lebih banyak lagi.

"Gran Max kita bicara setiap 3 menit sekali kita keluarkan Grand Max. Tahun ini menjadi 2,3 menit, awal bulan Mei. Sekarang dari 20 jadi 25 unit.," papar Agus Wiryanto, Production Division Head Sunter Assembly Plant PT Astra Daihatsu Motor, dalam kesempatan sebelumnya.(kpl/nzr/abe)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-10-16
detail