HOME » BERITA » DESAIN ALL-NEW AVANZA MELUPAKAN SISI EMOSIONAL?

Desain All-New Avanza Melupakan Sisi Emosional?


Desain All-New Avanza Melupakan Sisi Emosional?
Toyota Avanza Veloz (Foto: Nazar Ray)
Selasa, 15 November 2011 08:35

Otosia.com - Desain baru Toyota Avanza terlihat lebih dinamis, stylish dan mewah, menjadikannya kian menggoda untuk dimiliki. Tapi para pengamat mengkritik, perubahan yang terjadi sebenarnya tidak terlalu signifikan walau Toyota mengklaim major change. Apakah artinya style dan desain Toyota Avanza tidak menyentuh atau melupakan sisi emosional pelanggannya?

Toyota enggan menolak sekaligus tidak mengiyakan jika produk kembar terbarunya tidak melibatkan faktor emosional pada desain modelnya sehingga dianggap 'biasa'.

"Saya sampaikan, apakah Avanza baru kurang emosional, desain dan style-nya tergantung orang yang melihat dan memakainya. Jadi kata emosional menurut saya subyektif," kata Kaoru Hosokawa, Chief Engineer, Toyota Product Planning - Toyota Motor Corporation (TMC), baru-baru ini.

Jawaban Hosokawa tersebut terkait dengan pernyataan Dezi Nagaya, Desainer veteran TMC. Dezi sebelumnya mengungkapkan, Toyota telah dikritik karena tenang dan non-offensive, memiliki citra terlalu ramah, sementara Toyota kurang punya rasa emosi.

"Soal emosi, masing-masing punya pandangan sendiri tentang emosionalnya. Tapi khusus Avanza untuk 7 orang, di dunia ini ada banyak MPV yang memuat 7 penumpang, tapi Avanza bisa lebih. Dengan menampung banyak orang, itu menjadi misi kami untuk menarik emosi banyak orang," ungkapnya.

Pada dasarnya, Toyota berkeinginan untuk membuat desain dan grafis lebih bagus untuk Avanza generasi kedua, tapi Toyota lebih mengedepankan kenyamanan, dan itu menjadi nilai penting daripada sisi emosional di Avanza.

"Meskipun kami berusaha menampilkan sisi emosi, tapi kami ingin menghasilkan produk yang bisa dipakai untuk jangka panjang 2, 7 atau 8 tahun ke depan," tandas Hosokawa.

Sementara Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan mengakui kalau Toyota fokus pada kendaraan fungsional ketimbang memikirkan sisi emosional. "Avanza dibuat sudah sesuai kebutuhan konsumen. Jadi yang kami desain sekarang ini sesuai kebutuhan market yang diinginkan," ujar Johnny.

"Kalau desain dengan penuh emosi tapi kalau tidak bisa jualan buat apa?" lanjutnya.

Sebelumnya di Tokyo, Dezi Nagaya, Desainer veteran TMC menyatakan Toyota harus lebih agresif melakukan penetrasi pasar dengan melakukan pendekatan emosional dan desain yang dinamis.

"Kami akan menjadi lebih dinamis, lebih maskulin, sporty, dengan tema desain yang lebih jelas dan wajah yang mewakili perusahaan dan merek," ujar Nagaya seperti dimuat di situs ini beberapa waktu lalu. "Kami telah menghilangkan sentuhan emosi, karenanya kami perlu memompa itu."

Desainer berusia 50 tahun mengaku akan mencoba memberi sentuhan baru pada generasi produk-produk Toyota mendatang dan menghilangkan desain yang konservatif. Budaya yang demikian akan coba diubah demi menghindari resiko besar dalam perjalanan perusahaan, pungkas Nagaya.   (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail