HOME » BERITA » DESAINER FERRARI DAYTONA 'MENYEBERANG' KE PABRIKAN CHINA

Desainer Ferrari Daytona 'Menyeberang' ke Pabrikan China

Jum'at, 22 Juni 2012 19:35



Desainer Ferrari Daytona 'Menyeberang' ke Pabrikan China
Leonardo Fioravanti, desainer Ferrari Daytona dan Ferrari 288 GTO (Foto: Kuwait Concours)

Otosia.com - Langkah China untuk mengangkat pamor industri otomotifnya di kancah internasional, makin tak terbendung. Baru-baru ini dikabarkan salah satu brand mobil di China, Beijing Automotive group (BAIC), telah merekrut mantan kepala desainer Ferrari, Leonardo Fioravanti, untuk merancang desain mobil mereka. Desainer ini merupakan salah satu desainer Pininfarina yang banyak mendesain mobil Ferrari.

Beberapa karya Leonardo Fioravanti yang terkenal adalah Ferrari Daytona dan Ferrari 288 GTO, yang keduanya tergolong sebagai mobil-mobil legendaris Ferrari. Menurut Fioravanti, produsen China memiliki beberapa masalah yang harus diperbaiki, salah satunya adalah identitas merek.

"Yang pertama dalam mencapai identitas merek yang dikenali dan bahasa styling akan menjadi pemenang," kata Fioravanti seperti dikutip Car Advice, Jumat (22/6).

Fioravanti menjelaskan, pembuat mobil dalam negeri kehilangan pijakan. Sementara, merek internasional seperti General Motors dan Volkswagen terus tumbuh pesat di China, berbekal desain global mereka. Maka tak heran jika Bloomberg menyebut bahwa tak ada merek China asli yang sejauh ini mampu mendudukkan mobil penumpangnya di jajaran 10 mobil terlaris di negeri sendiri.

Untuk itu, Fioravanti berjanji akan membuat mobil-mobil BAIC di masa depan akan memiliki nilai estetika seperti halnya mobil Eropa. Selain Fioravanti, BAIC juga melakukan perekrutan tenaga-tenaga terampil untuk membesarkan merek-merek mobil China.

Namun langkah BAIC tersebut sebelumnya juga telah dilakukan beberapa pabrikan otomotif China saingannya. Sebut saja Brilliance, yang sudah menarik seorang desainer Pininfarina bernama Dimitri Vicedomini, untuk menjadi kepala desain mereka.

Belum lagi desainer Mercedes-Benz, Andreas Deufel, yang direkrut merek mobil Great Wall untuk menjadi direktur desain disana dan Gert Hildebrand dari MINI yang diambil Qoros Auto. (kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail