HOME » BERITA » DIAGNOSTIC TOOLS INJEKSI HONDA DIJUAL UNTUK UMUM

Diagnostic Tools Injeksi Honda Dijual Untuk Umum

Selasa, 11 Juni 2013 11:15



Diagnostic Tools Injeksi Honda Dijual Untuk Umum
honda Injection Diagnostic System (foto: Nazar ray)

Otosia.com - Kemajuan teknologi mendorong peralihan teknologi pengabutan bahan bakar dari karburator ke sistem injeksi yang dikontrol secara elektronik. Tidak heran jika hampir semua sepeda motor keluaran terbaru di Indonesia sudah menggunakan teknologi Fuel Injection (FI).

Berkat hal tersebut para pengguna sepeda motor dapat menikmati banyak keuntungan. Diantaranya adalah motor yang lebih hemat bahan bakar, emisi gas buang yang rendah, dan perawatan yang lebih minim.

Beda halnya bagi para pemilik bengkel. Mereka wajib menyediakan alat baru untuk melakukan perawatan bagi mesin dengan teknologi injeksi ini, yakni ‘Injection Diagnostic Tools’.

Dengan alat yang mampu mendiagnosa kerusakan sensor dalam sistem injeksi ini, pekerjaan para mekanik akan jauh lebih mudah. Tanpa perlu melakukan pengecekan tiap komponen atau mengandalkan diagnostic lamp lagi.

HiDS

Salah satu diagnostic tools yang kini mulai dipasarkan adalah HiDS (Honda injection Diagnostic System) HD-30 yang khusus untuk sepeda motor Honda. Alat ini dipasarkan oleh Injeksi Motor Globalindo selaku sole distributor HiDS.

HiDS merupakan perangkat diagnosis untuk motor Honda yang dibuat oleh STARNICS dan telah digunakan di dealer resmi motor Honda. Tapi kini bengkel umum juga mampu melengkapi alat kerjanya dengan HiDS, bukan hanya dealer resmi motor Honda saja.

HiDS membantu para mekanik melakukan analisis dan diagnosis terhadap alat kontrol elektronik di dalam sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi injeksi. HiDS ini mampu berkomunikasi Engine Control Module (ECM) yang bertugas mendeteksi kesalahan sensor yang terjadi, lalu kemudian ditampilkan dalam bentuk data pada layar peraga HiDS.

Data tersebut dapat berupa kesalahan yang sudah terjadi dan tersimpan dalam memori ECM maupun data yang sedang terjadi dan terdeteksi oleh ECM. Semua data akan ditampilkan pada layar peraga HiDS dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang informatif dan mudah dimengerti.

HiDS juga memiliki fasilitas re-set atau menghapus data semua kesalahan yang tersimpan di ECM dengan mudah. Selain itu, HiDS juga dapat menampilkan data saat sepeda motor dalam kondisi stasioner. Hal ini berguna untuk melihat kinerja semua komponen injeksi dalam keadaan mesin hidup.

Alat ini dapat digunakan pada seluruh sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia yang sudah mengadopsi fuel injection. Mulai dari Supra-X 125 PGM-FI, PCX 150, CBR250R sampai yang terbaru BeAT FI, CB150R dan Verza150. HiDS juga hadir dengan kemudahan update software untuk sepeda motor baru Honda.

Produk HiDS ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah mudah dioperasikan, tidak perlu menggunakan laptop saat mengoperasikannya, mampu meng-update software motor baru Honda di jaringan dealer Injeksi Motor Globalindo, dan pelatihan penggunaan software oleh instruktur di jaringan dealer Injeksi Motor Globalindo.

Alat ini dijual dengan harga Rp 3.3 juta dengan garansi 1 tahun (tidak termasuk kabel). HiDS bisa diboyong di Ultraspeed Racing Ciledug – Tangerang, dan Auto Champion Training Center Magelang – Sleman, Jawa Tengah.

HiDS diproduksi oleh perusahaan STARNICS yang bergerak di bidang produksi alat perbengkelan sepeda motor dengan menggunakan teknologi tinggi. Selain HiDS, produk hasil pengembangan STARNICS cukup beragam, mulai dari battery charger, digital volt meter, rpm meter, spak plug cleaner, alat peraga otomotif, sampai fuel pressure regulator. (kpl/nzr/spr)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-10-16
detail