HOME » BERITA » DITANYA SOAL JIMNY FACELIFT, SUZUKI 'MENGGELENG'

Ditanya Soal Jimny Facelift, Suzuki 'Menggeleng'


Ditanya Soal Jimny Facelift, Suzuki 'Menggeleng'
Suzuki Jimny facelift
Jum'at, 13 Juli 2012 17:35

Otosia.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum berencana menggadang-gadang masuknya Suzuki Jimny ke Indonesia sebelum mendapat informasi produk dan lampu hijau dari Suzuki Motor Corporation (SMC). Kendati mobil ini telah menjadi legenda dan memiliki penggemar tersendiri di Indonesia mulai dekade 70-an sampai 90-an, SIS tidak mau berspekulasi jauh soal Jimny.

"Sampai saat ini belum ada informasi dari prinsipal mengenai produk tersebut," cetus Dimelza Sharindradini, Public Relation 4W SIS pada Otosia.com, singkat. Sharindradini juga enggan mengulas lebih jauh kabar yang menyebutkan SMC menyiapkan Suzuki Jimny versi facelift tahun 2013, dan kemungkinan masuk ke Indonesia tahun depan atau paling lama 2014.

Sebelumnya diberitakan, beberapa waktu lalu SMC berencana menghidupkan kembali generasi  baru Jimny dengan versi facelift pada tahun 2013 mendatang. New Suzuki Jimny facelift mengalami beberapa perubahan, diantaranya foglamp model baru, desain bumper dan grill lebih modern dan restorasi pada bumper belakang.

Kabarnya, Jimny facelift dipersenjatai mesin 1.3-liter bertenaga 85 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 110Nm pada 4.100 rpm.  Untuk konsumsi bahan bakar, Jimny rata-rata melahap 7,1 liter BBM untuk jarak 100 km dengan emisi gas buang mencapai 162 g/km, atau berspesifikasi standar Euro 5.

Menurut pihak Suzuki, Jimny generasi terbaru ini  kemungkinan dibekali mesin dan beberapa parts milik Swift guna menekan biaya produksi. Dengan harapan, harga jual Suzuki Swift mendatang ini bisa lebih terjangkau.

Sekadar catatan, sejak tahun 70-an mobil ini sudah dipasarkan ke seluruh dunia dan sempat mengalami masa-masa kejayaan. Namun rumornya model ini akan kembali diproduksi. Di masa lalu, Jimny cukup diminati di sejumlah negara, seperti di Amerika Utara yang dikenal sebagai Suzuki Samurai.

Begitu juga di Indonesia. Suzuki Jimny sudah wara-wiri di tanah air sejak tahun 70-an. Di era tersebut, mulai dikenal  sebutan Jimny 'jangkrik'.  Karena bentuknya yang sedikit kotak dan kecil model ini kemudian dijuluki hewan malam tersebut.

Jimny jangkrik merupakan generasi pertama yang diproduksi di tahun 1970 - 1980, kemudian lahir generasi kedua 1981 - 1997 dan, terakhir 1998. Di kota-kota besar di Indonesia, pada era tahun 80-an dan 90-an mobil ini pernah cukup populer, seperti Jimny Katana dan sebagainya.

Sebenarnya Suzuki pernah menampilkan versi konsep SUV compact pada gelaran Delhi Auto Expo beberapa waktu lalu. Dengan tetap mempertahankan dua pintu yang gagah, SUV konsep  ini diduga kuat merupakan generasi terbaru Suzuki Jimny, yang versi produksinya kemungkinan besar hadir pada tahun 2014 mendatang.

Jadi, apakah nantinya Jimny masuk dalam bentuk CBU atau CKD, kita tunggu saja. (kpl/nzr/bun)


Mobil Terkait : Mobil Suzuki Jimny Dijual








APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail