HOME » BERITA » ERA KEJAYAAN MESIN ROTARI BERAKHIR

Era Kejayaan Mesin Rotari Berakhir

Rabu, 27 Juni 2012 10:30



Era Kejayaan Mesin Rotari Berakhir
Mesin Rotari Mazda RX-8

Otosia.com - Dalam dunia otomotif, mesin rotari telah 45 tahun lamanya telah menemani pabrikan otomotif asal Jepang, Mazda melalui berbagai varian hingga pada keluarga mobil sport model RX.

Dan generasi mesin rotari yang bernama Renesis pada Mazda RX-8 yang dibuat di Hiroshima, tampaknya harus mengakhiri era kejayaannya melalui produksi terakhirnya pada tanggal 22 Juni lalu. Demikian yang dilansir pada worldcarfans, Rabu (27/06).

Mungkin saat ini bisa jadi para pencinta produk Mazda dengan mesin rotarinya saling berbagi air mata akan perpisahan pada generasi mesin ini. Tapi satu hal yang bisa kita ingat adalah fakta dari mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang besar di kelas kapasitas mesin yang sama.

Hanya dua hal yang sangat disayangkan yang membuat mesin ini harus tersingkir dari bertambahnya usia bumi ini, yaitu dalam hal efisiensi dan emisi gas buang CO2nya yang dianggap sudah tidak bisa memenuhi standar yang semakin tinggi.

"Produksi Mazda RX-8 boleh berakhir, tetapi mesin rotari akan selalu hidup sebagai bagian terpenting semangat juang Mazda." kata Mazda president Takashi Yamanouchi.

Tapi dari Mazda PR department mengatakan, "Kami akan dengan tekun merancang dan membuat model rumah mesin rotari generasi terbaru, agar sanggup menghasilkan efisiensi yang lebih baik."

Sebab mengingat, Mazda kini telah sukses menghadirkan teknologi mesin terbaru dengan nama Skyactiv yang sanggup memberikan efisiensi mesin yang lebih baik. Besar kemungkinan teknologi ini akan digabungkan juga dengan mesin rotari agar bisa kembali hidup.

Mungkin saja untuk beberapa tahun lagi kita tidak bisa menjumpai mesin ini lagi, tetapi akan ada kemungkinan juga perusahaan akan mengembangkan kendaraan hydrogen-electric yang mungkin akan kembali menggunakan mesin rotari. (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail