HOME » BERITA » ALL NEW FORD FOCUS, SI 'AHLI' PARKIR OTOMATIS

All New Ford Focus, Si 'Ahli' Parkir Otomatis

Rabu, 11 Juli 2012 15:35

All New Ford Focus, Si 'Ahli' Parkir Otomatis
All New Ford Focus (Foto: Autoblog)
Mobil Terkait : Mobil Ford Focus Dijual

Otosia.com - Ford memberikan fitur istimewa pada varian All New Ford Focus, yang ditujukan bagi para pengemudi yang seringkali mengalami kesulitan saat melakukan parkir mobil secara paralel. Fitur tersebut adalah Active Park Assist (APA), yang menurut Ford bisa memarkir mobil secara otomatis.

Misalnya pengemudi ingin memarkirkan mobil secara paralel di sebelah kiri. Sebelum masuk, aktifkan fitur APA yang terletak di dasbor tengah bagian bawah, kemudian tekan tuas sein ke kiri.

Selain memberi tanda mau masuk (kiri), ketika lampu sein berkedip secara bersamaan juga mengaktifkan sensor samping yang terdapat di bemper depan guna mendeteksi area parkir. Parameter luas yang layak untuk parkir adalah 1,2 meter lebih panjang dari ukuran Focus.

Setelah sensor menemukan area tersebut maka layar kecil di tengah dasbor akan memberi petunjuk. Tugas pengemudi selanjutnya adalah mengatur gas dan rem serta memindahkan posisi gigi (maju atau mundur). Dan, biarkan setir berputar sendiri sesuai arahan dari Electronic Control Unit (ECU).

Perhatikan bunyi sensor parkir untuk memastikan jarak aman depan dan belakang. Ketika bunyinya tidak terputus, berarti harus mengerem dan pindahkan gigi sesuai petunjuk layar. Ketika sudah mendapatkan posisi ideal parkir, layar akan menginformasikan dan fitur tersebut secara otomatis tidak berfungsi.

Saat proses berlangsung, jangan sekali-kali memegang lingkar kemudi karena akan menonaktifkan APA. Bila hal tersebut terjadi, si pengemudi harus melakukan proses dari awal. Sensor APA berlaku selama mobil melaju di bawah 30 kpj. (kpl/bun)






APA PENDAPAT ANDA ?

2014-2-20
detail