HOME » BERITA » FORD FUSION ADOPSI SISTEM KEMUDI MOBIL MEWAH

Ford Fusion Adopsi Sistem Kemudi Mobil Mewah

Selasa, 03 Januari 2012 10:20



Ford Fusion Adopsi Sistem Kemudi Mobil Mewah
Departure Warning System Ford Difusion 2013 (Foto: Inautonews)

Otosia.com - Ford Fusion 2013 akan memulai debutnya bulan depan di Detroit Motor Show di Amerika Serikat. Fusion terbaru dilengkapi teknologi departure warning system yang memperingatkan pengemudi terhadap bahaya mobil terlempar atau tergelincir keluar jalur.

Sementara teknologi serupa sebelumnya telah ditawarkan pada beberapa mobil di kelas premium, seperti Octavio Navarro. Ford Fusion merupakan kendaraan non-mewah pertama yang mengadopsi sistem teknologi tersebut, kata juru bicara Ford.

Menurut Ford, sistem monitor video feed dari windshield camera mampu mendeteksi yang tercermin lewat garis-garis tegas atau terputus-putus pada layar guna memberitahu apakah mobil dalam kendali atau tidak. Jika mobil berjalan tidak terkendali, pengemudi akan merasakan getaran pada roda kemudi sebagai simulasi yang menggambarkan perasaan ketika mobil menjadi sulit dikendalikan pada kecepatan tinggi.

Apabila pengemudi tidak merespon sistem peringatan tersebut dan mobil terus melayang, sebuah ikon merah akan muncul di dashboard dan mengarahkan stir sehingga kendaraan kembali pada jalur yang benar.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan, dari laporan polisi, sedikitnya ada 100.000 kasus kecelakaan yang disebabkan pengemudi mengantuk setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 1.500 orang diantaranya meninggal dunia, dan luka-luka 71.000 orang, dengan kerugian ditaksir mencapai US$ 12,5 miliar

Selain Fusion, Ford Explorer 2012 juga akan mendapatkan sistem keselamatan yang mumpuni. Dibandingkan dengan kompetitor di kelas sedan menengah, ini adalah sebuah teknologi keselamatan yang cukup canggih di segmen kendaraan tersebut.    (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail