HOME » BERITA » FREESTYLE INDONESIA PUNYA POTENSI ATRAKSI DRIFTING BIKE

Freestyle Indonesia Punya Potensi Atraksi Drifting Bike

Selasa, 16 Oktober 2012 05:34



Freestyle Indonesia Punya Potensi Atraksi Drifting Bike
Wawan Tembong beratraksi di atas Honda CBR 600 (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Freestryler Indonesia punya potensi untuk mengembangkan kemampuan drifting bike, dan berharap di Tanah Air ada pihak yang mau mensponsori tontonan 'motorcycle vs car drift battle'. Olah raga ekstrim tersebut saat ini cukup populer di benua Amerika dan Eropa.

"Saya rasa freestyler Indonesia punya skill untuk melakukan drift bike, hanya perlu diasah lagi kemampuannya. Memang atraksi tersebut tidak mudah, butuh keahlian khusus. Tapi freestyler Indonesia basic-nya sudah ada. Saya dan teman-teman sering melakukan latihan drifting bike," ungkap Wawan Tembong, jawara freestyle Indonesia kepada Otosia.com, Minggu (14/10) di Karawang, Jawa Barat.

Hanya saja, kata Wawan, selain belum ada pihak sponsor yang tertarik, drift bike tidak begitu populer di Indonesia. Belum pula banyak freestyler lokal yang sanggup melakukannya. Di samping dituntut punya skill lebih, settingan dan perubahan rangka pada motor menjadi hal teknis yang wajib dilakukan dalam olah raga ekstrim drift bike.

Menurut Wawan, drifting bike akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan motor besar ketimbang memakai bebek. Karena itu untuk terjun di drift bike, freestyler lokal sudah harus terbiasa dan memainkan atraksi dengan motor ber-cc besar.

"Naik motor besar bukan capek mengangkatnya (seperti wheelie), tapi capek mengendalikannya karena liar. Kalau motor kecil kan hanya tahan gas dan butuh rpm banyak. Kalau motor besar malah diangkat gampang, karena rpm 2.000 saja sudah bisa ngangkat. Tapi ya itu, lebih liar. Harus pintar-pintar mengendalikannya," beber Wawan, yang urung mengikuti kejuaraan freestyle di Amerika lantaran merasa belum cukup punya modal teknis untuk bersaing dengan freestyler luar negeri dalam mengendalikan motor di atas 500cc.

Freestyle U Mild Festrack

Sementara itu, pada gelaran U Mild U Bikers Festrack 2012 (UMUB) di Karawang, Wawan bersama kelompoknya memainkan sejumlah aksi akrobatik di atas roda dua.  Seolah menari di atas motor, sang rider berdiri di atas jok motor yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi (stand no-hand) kemudian dengan roda belakang terangkat duduk di atas stang (rolling stoppie).

Pria asal Ampel, Boyolali, Jawa Tengah ini adalah jawara freestyle asli Indonesia dengan status 'Best of the Best Freestyle U Mild Freestyle Competition 2008-2011'. Kemampuan Wawan Tembong 'menari' di atas kuda besi sudah tidak diragukan lagi.

Ia sangat mahir memainkan beberapa trik dasar freestyle hingga trik-trik ekstrem yang sangat sulit diperagakan oleh freestyler Indonesia lain.

Jika melihat gaya yang ditampilkan oleh Tembong, tidak akan ada yang mengira kalau semua jurus akrobatik itu diperoleh secara otodidak tanpa dukungan instruktur profesional. Bagi Wawan, dapat mempertontonkan aksi ekstrimnya di atas motor di depan ribuan orang merupakan sebuah kepuasan tersendiri.

Meski sering terjatuh dan cedera, Wawan mengaku tidak pernah kapok menjalani hobi berbahaya ini. Bahkan, ia terobsesi untuk menciptakan gaya dan trik baru freestyle nasional serta mendukung freestyler lokal untuk menciptakan ciri khasnya sendiri.

Pria bernama asli Wawan Jarwato ini mahir memainkan semua jenis motor, mulai dari matic, bebek, hingga motor ber-cc besar. Kepiawaian Tembong dalam menari di atas motor besar bisa dibilang setara dengan freestyler kelas internasional.

"Tekun berlatih dan memperhatikan keamanan diri menjadi dua hal utama yang harus dilakukan untuk menjadi seorang freestyler andalan tanah air," imbuh Wawan.

Tak hanya menonton aksi yang memacu adrenalin dari freestyler nasional, para freestyler lokal Karawang juga dapat bertukar pendapat dan berbagi pengalaman dengan Wawan Tembong. Wawan berbagi ilmu tentang gaya dan aksi-aksi yang membawanya menjadi juara nasional agar terjadi transfer ilmu dan pengalaman bagi semua freestyler lokal.

Pada kesempatan ini pula, lebih dari 130 bikers lokal unjuk kemampuannya dalam Kompetisi Freestyle. Minat dan talenta yang ditunjukkan para bikers lokal sangat memukau.(kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail