HOME » BERITA » GM INGIN KEMBALI JALIN KERJASAMA DENGAN ISUZU

GM Ingin Kembali Jalin Kerjasama Dengan Isuzu


GM Ingin Kembali Jalin Kerjasama Dengan Isuzu
GM-Isuzu D-Max (Carscoop)
Selasa, 01 Mei 2012 09:00

Otosia.com - Sudah tiga tahun lamanya pihak GM melepas gandengan dengan pabrikan otomotif asal Jepang Isuzu, sejak perusahaan bersama ini bangkrut pada tahun 2009 lalu. Dari kolaborasi mereka saat itu telah berhasil dengan hadirkan varian New Chevrolet Colorado dan generasi terakhir Isuzu D-Max pickup.

Seperti yang disampaikan carscoop, General Motors Co (GM) saat ini telah mulai melakukan pembicaraan, yang mengindifikasikan perusahaan raksasa asal Amerika ini ingin memiliki 10 persen saham dari Isuzu Motors Limited. Kedua perusahaan ingin menjual kendaraan komersial secara bersama di Asia dan Amerika Tengah-Selatan.

Dari hasil laporan yang didapatkan mengatakan, pihak GM akan kembali membicarakan hal ini dengan pihak Isuzu mengenai pemilikan sahamnya sebanyak 10% yang diperkirakan terjadi pada awal bulan Mei ini. Jika jalinan kerjasama ini bisa kembali seperti dahulu, maka pemegang saham dari Isuzu semakin besar.

Mengingat, sebuah angka 9.2% saham Isuzu saat ini berasa di genggaman pabrikan Mitsubishi, selanjutnya pabrikan Toyota juga telah membeli saham Isuzu sebesar 5.9% untuk mendapatkan pasokan mesin diesel. Selama ini, Isuzu dikenal sebagai produsen truk yang ringan terbesar dengan mesin dieselnya yang tangguh di dunia yang juga digunakan oleh berbagai produsen mobil.

GM tampaknya menginginkan pihak Isuzu untuk menjual saham Toyota saat ini. Keinginan GM ini, karena mengingat pabrikan Toyota juga menjadi rival kuat yang sebagai produsen terbesar di dunia. Diketahui sebelumnya GM hanya memiliki saham Isuzu 7.6% pada tahun 2009 dan telah menjalin hubungan ini selama 35 tahun. Apakah GM bisa kembali mendapatkan saham 10% Isuzu?   (kpl/vin)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail