HOME » BERITA » GOODYEAR PAKAI MINYAK KEDELAI UNTUK CAMPURAN BAN

Goodyear Pakai Minyak Kedelai untuk Campuran Ban

Kamis, 02 Agustus 2012 14:45



Goodyear Pakai Minyak Kedelai untuk Campuran Ban
Goodyear

Otosia.com - Goodyear Tire & Rubber Company, Rabu , mengumumkan temuan baru yang bisa mengurangi penggunaan minyakbumi untuk pembuatan ban. Hal itu sekaligus bisa memperpanjang usia telapak ban.

Para peneliti di pusat inovasi perusahaan menemukan bahwa minyak kedelai pada ban berpotensi memperpanjang umur pakai telapak sebesar 10 persen. Selain itu juga mengurangi penggunaan bahan dasar berbasis minyak bumi hingga tujuh juta galon setiap tahun.

Lebih jauh lagi, pada pengujian di pabrik Goodyear di Lawton, Oklahoma, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan percampuran dalam proses manufaktur. Senyawa karet yang dibuat dengan minyak kedelai lebih mudah bercampur dengan silika yang digunakan dalam pembuatan ban.

Hal ini dapat meningkatkan efisiensi pabrik dan mengurangi konsumsi energi serta efek emisi gas rumah kaca.

"Goodyear berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, dan penggunaan minyak kedelai ini membuktikan salah satu cara lain mencapai tujuan ini," kata Jean-Claude Kihn, Direktur Teknis Goodyear.

Tentu saja temuan baru yang dikembangkan oleh Goodyear memberikan dampak positif pula terhadap lingkungan.

Prototype produk yang dibuat di Lawton ini akan diluncurkan di San Angelo, Texas, dalam beberapa bulan mendatang. Jika terindikasi adanya respon positif, maka Goodyear berharap konsumen akan dapat membeli ban yang menggunakan bahan dasar minyak kedelai ini pada awal 2015.

Goodyear 1 The United Soybean Board membantu mendanai proyek Goodyear dengan hibah sebesar US$ 500.000 untuk dua tahun. Goodyear akan menampilkan ban yang dibuat dengan minyak kedelai pada 6 - 7 Agustus di pusat penelitian Ford Motor Company di Dearborn, Michigan, sebagai bagian dari sebuah acara yang disponsori oleh USB.

"The United Soybean Board mengucapkan selamat kepada Goodyear terhadap komitmennya," kata Russ Carpenter, ketua baru komite USB, sekaligus seorang petani kedelai dari Trumansburg, N.Y.

USB menilai bahwa aplikasi termutakhir menggunakan minyak kedelai menguatkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan, menumbuhkan bahan baku terbarukan yang mengurangi emisi karbon serta memberikan pengganti alami untuk alternatif petrokimia.

USB dan petani kedelai Amerika sangat antusias mendukung Goodyear dalam upaya memberikan konsumen sebuah produk yang berbiaya efektif dan ramah lingkungan. Penggunaan minyak kedelai adalah salah satu inisiatif Goodyear untuk meningkatkan penggunaan bahan baku yang dapat diperbaharui.(kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail