HOME » BERITA » HARGA BBM BELUM TENTU NAIK?

Harga BBM Belum Tentu Naik?

Kamis, 26 April 2012 11:17



Harga BBM Belum Tentu Naik?
Ilustrasi SPBU (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menegaskan bahwa Pemerintah masih mendalami opsi-opsi atau pilihan-pilihan pengendalian penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Hal itu bertujuan agar nantinya pertumbuhan ekonomi, yang disebut minimal 6,5 persen, bisa tercapai tanpa harus menaikkan harga BBM.

Lebih jauh, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, seperti disampaikan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, memberi 7 arahan dalam sidang kabinet agar pertumbuhan tetap bisa diraih tanpa kenaikan harga BBM.

Pertama, mendorong percepatan belanja sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Kedua, menjaga tingkat daya beli masyarakat dengan menjaga laju inflasi pada tingkat rendah. Ketiga, mengoptimalkan program perlindungan sosial melalui program-program seperti Jamkesmas dan Keluarga Harapan.

Keempat, kebijakan untuk mendorong investasi. Kelima, peningkatan daya saing, terutama dalam produk ekspor nonmigas, melalui diversifikasi pasar tujuan ekspor serta meningkatkan keberagaman dan kualitas produk.

Keenam, penguatan perdagangan dalam negeri untuk menjaga kestabilan harga. Ketujuh, mengontrol impor produk-produk yang berpotensi menurunkan daya saing produk-produk domestik.

Seperti diberitakan, APBN-P 2012 dirancang dengan asumsi kenaikan harga BBM sebanyak Rp 1.500. Namun karena dalam Pasal 7 ayat 6a terdapat syarat yang harus dipenuhi, maka pemerintah memikirkan cara untuk menjalankan APBN-P tanpa menaikkan harga BBM.

Pasal 7 ayat 6(a) sendiri dalam hal menyebutkan bahwa dalam hal harga rata-rata ICP dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan berjalan mengalami kenaikan atau penurunan lebih dari 15 persen, pemerintah diberi kewenangan menyesuaikan harga BBM bersubsidi dengan kebijakan pendukungnya.

Namun Hatta mewanti-wanti media massa untuk tidak berspekulasi agar tidak menimbulkan inflasi. (kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail