HOME » BERITA » HOT WHEELS PERTAMA DI DUNIA, DIBUAT OLEH DESAINER MOBIL ASLI

Hot Wheels Pertama di Dunia, Dibuat oleh Desainer Mobil Asli

Jum'at, 30 Desember 2016 18:45

Hot Wheels Pertama di Dunia, Dibuat oleh Desainer Mobil Asli
Foto: legends1027
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Hot Wheels sudah jadi mainan sekaligus barang simpanan koleksi, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga orang-orang dewasa.

Entah sudah berapa unit yang beredar di tangan, dan seberapa banyak edisi awal-awal yang masih selamat utuh mengingat usia Hot Wheels sendiri sudah hampir 50 tahun.

Hot Wheels pertama di dunia dibuat tahun 1968. Ceritanya berawal dari ide Mattel untuk membuat mainan bagi anak laki-laki dan mengimbangi Barbie.

Hot Wheels pertama di dunia sendiri merupakan satu set mainan cetak campuran logam (die cast) yang kini dikenal dengan julukan "The Original 16" atau "Sweet Sixteen".

Sesuai namanya, ada enam belas model yang diluncurkan secara perdana, dan semuanya mengentalkan tradisi Hot Wheels yang kemudian berlanjut sebagai produsen die cast custom.

Keenam belas model itu adalah Beatnik Bandit, Barracuda, Camaro, Corvette, Cougar, Eldorado, Firebird, Fleetside, Mustang. T-Bird, Volkswagen, Deora, Ford J-Car, Hot Heap, Python, dan Silhouette. Semuanya menggunakan ban bergaris merah sehingga dikenal dengan edisi "Red Line".

Menariknya, sebagian besar mobil ini dibuat oleh desainer yang memang bekerja untuk produksi mobil sungguhan.

Dia adalah Harry Bentley Bradley dan punya catatan sebagai desainer mobil prototipe Dodge Deora dan Custom Fleetside, dua mobil yang akhirnya juga dibuat dalam versi mini itu.

Belum ada informasi lebih jauh soal Hot Wheels paling pertama yang diproduksi dalam paket "The Original 16" atau "Sweet Sixteen" keluaran tahun 1968 tersebut. Konon, yang pertama adalah muscle car Camaro berwarna biru tua.

(kpl/why/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-3-21
detail

BERITA POPULER