HOME » BERITA » HYUNDAI EXCELL III TAXI SIAP HADANG LAJU LIMO

Hyundai Excell III Taxi Siap Hadang Laju Limo

Rabu, 27 Juni 2012 16:15



Hyundai Excell III Taxi Siap Hadang Laju Limo
Peluncuran Hyundai Excell III dan Starex Mover di Jakarta, Rabu (27/6). (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mengaku siap bersaing dengan Toyota untuk memperebutkan 'kue' pengadaan unit taksi reguler. Hyundai menjagokan Excell III Taxi untuk armada taksi reguler, sementara untuk kendaraan komersial lain menjagokan Starex Mover yang membidik perusahaan travel.

"Insya Allah kami bisa meraih pasar dengan baik, karena tidak banyak pemain di segmen ini. Excell III adalah salah satu pilihan untuk pengusaha taksi. Dari segi harga, ketahanan dan suku cadang kami juga kompetitif, dan mudah perawatan," kata Jongkie D. Sugiarto, Presiden Direktur HMI, di sela-sela peluncuran Hyundai Excell III dan Starex Mover di Jakarta, Rabu (27/6).

Jongkie menambahkan, untuk kendaraan niaga atau angkut penumpang, pasar akan melirik mobil-mobil yang bandel dan mudah perawatan, termasuk mudah mendapatkan spare parts. Hyundai menjamin kemudahan perawatan dan onderdil Excell III yang akan digunakan sebagai armada angkut penumpang.

"Ini (Excell III), untuk reguler taksi yang kita bidik. Buat kendaraan taksi, istilahnya untuk cari uang, adalah kendaraan yang simple, irit, suku cadang gampang dan tidak mahal, dan mobilnya bandel. Kalau seminggu mogok tiga kali buat apa. Inilah salah satu faktor penting yang akan mendapatkan perhatian pasar," paparnya.

Ia lantas mencontohkan, hingga kini Excell I dan II masih wara wiri digunakan sebagai taksi oleh beberapa perusahaan transportasi. Menurut Jongkie sejauh ini belum ada keluhan dari model Excell I dan II. 

"Sudah terbukti sampai sekarang Excell I masih ada, Excell II juga sudah digunakan, nah yang baru Excell III juga punya kelebihan," ungkapnya.

Saat ini Toyota menguasai kurang lebih 80 persen segmen kendaraan taksi lewat Limo. Tingginya penguasaan Toyota di pasar taksi reguler lantaran tidak banyak merek yang bermain di segmen ini.

"Ya, wajar dia (Toyota) menguasai hampir 80 persen karena hanya sedikit merek yang masuk ke pasar itu, meski ada juga Chevrolet, Kia, dan Proton pernah ada. Dengan hadirnya Excell III, ini memberikan alternatif pilihan kepada para pengusaha taksi reguler, dan kami optimis mampu bersaing," tandasnya.

Menurut Jongkie, Hyundai Excell III Taxi sendiri sebelum diluncurkan sudah dipesan 300 unit. "Makin banyak permintaan, ya otomatis nanti volumenya bertambah. Makanya kami optimis," imbuhnya.

Ditanya soal kesiapan bahan bakar gas pada unit taksi yang dijualnya, pihak Hyundai mengaku tidak masalah. "Kalau soal pemasangan CNG kami siap.  Kalau peraturannya mengharuskan kita memasang CNG, kita akan pasang," pungkas Jongkie.

Hyundai Excell III Taxi berkapasitas mesin 1.396cc dan bertenaga 108 hp, yang dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Selain itu dilengkapi 1 Din - radio, CD, MP3, AUX, karpet karet, kaca film dan garansi 3 tahun 100.000 km.

Excell III Taxi memiliki didukung oleh panjang wheelbase yang mencapai 2.570 mm, sehingga penumpang tetap berada di antara roda depan dan belakang, serta didukung ruang kabin yang lega. Jika dipakai sebagai kendaraan komersial. Excell III Taxi dijual dengan harga Rp. 149.500.000 off the road (SKB). (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail