HOME » BERITA » IIMS 2013 AKAN DIBANJIRI MOBIL-MOBIL 'HIJAU'

IIMS 2013 Akan Dibanjiri Mobil-Mobil 'Hijau'

Rabu, 21 Agustus 2013 18:15



IIMS 2013 Akan Dibanjiri Mobil-Mobil 'Hijau'
Ilustrasi Mobil Hijau (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang digelar tangga 19 – 29 September 2013 di JIExpo Kemayoran Jakarta akan mengusung tema “Smart Vehicle Mobility”. Tema ini menekankan pentingnya efisiensi BBM dan pengurangan emisi gas buang berlebih.

“Adalah keinginan kami untuk memamerkan potensi yang dimiliki oleh industri otomotif Indonesia ke mata dunia. IIMS juga akan memberikan gambaran pasti kepada dunia internasional akan semakin majunya industri otomotif tanah air,” ujar Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo di Jakarta, Rabu (21/08).

Tema yang diusung IIMS 2013 mendapat dukungan penuh dari para agen pemegang merek (APM) peserta pameran. Hal ini bisa dilihat dari berbagai teknologi yang mereka usung serta tema booth tiap APM yang merupakan turunan dari tema besar IIMS tahun ini.

Ilustrasi IIMS 2012

PT Garansindo Inter Global misalnya, yang pada IIMS 2013 menurunkan tiga brand dibawah naungannya yakni Chrysler, Dodge dan Jeep akan menampilkan tema Earth, Wind and Fire pada booth-nya. Para pengunjung akan merasakan perjalanan dari sebuah perusahaan mobil yang mengedepankan elemen-elemen natural.

Earth, ditandai dengan kehadiran merk Jeep, sebagai kendaraan penjelajah. Wind, gambaran sebuah kedinamisan serta keindahan, yang diwakili oleh produk Dodge dan Chrysler. Sedangkan Fire, element api, menandakan semangat yang tidak padam dari satu merek baru yang akan lahir.

Selain itu, BMW Group Indonesia akan memanfaatkan ajang IIMS 2013 ini untuk memperkenalkan Seri terbarunya untuk pertama kali di Indonesia. Fokus Seri BMW terbaru ini tidak hanya pada keindahan desain, namun juga pada teknologi terdepan yang mendukung kedinamisan dalam berkendara.  

Dihadirkan juga ekslusifitas dan kemampuan teknis yang berbeda dengan Seri BMW yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan MINI yang juga tergabung dalam BMW Group Indonesia, akan menghadirkan ragam model edisi spesial. Mereka akan menghadirkan desain interior dan eksterior yang menarik dan eksklusif.

Daihatsu hadir dengan tema 'Compact ECO Mobility Best Friend'. Daihatsu akan menampilkan mobil konsep sebagai ajang edukasi sekaligus memperkenalkan inisiatif-inisiatif Daihatsu dalam mendukung gaya hidup Compact & ECO. Tidak tanggung-tanggung, Pada IIMS 2013 Daihatsu akan menampilkan total 16 unit yang diantaranya merupakan kemunculan perdananya di dunia otomotif, termasuk 5 unit Concept Car, yang diantaranya adalah Ayla World.

Masih bernafaskan tema teknologi hijau, Toyota akan mengusung Smart Mobility for Better Tomorrow sebagai tema booth mereka. Toyota akan memboyong total 25 produk selama IIMS 2013. Dua diantaranya merupakan special exhibit yang akan memberikan kejutan bagi para pengunjung.

IIMS ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa brand baru seperti merek global asal Jepang Datsun, serta pabrikan asal Perancis, Renault. Brand lain yang juga baru pertama kali berpartisipasi di IIMS adalah Land Rover. Merek ini hadir bersama dengan Jaguar yang absen dalam beberapa penyelenggaraan IIMS.

“Kehadiran mereka memperkaya industri otomotif nasional melalui berbagai teknologi yang mereka miliki. Hal ini tentunya menjadi nilai positif baik bagi pameran ini maupun industri otomotif kita,” ujar Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Selain empat brand di atas, pameran IIMS 2013 juga akan diikuti oleh Audi, Chevrolet, Ford, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, dan VW. Sementara dari commercial vehicles brand-brand yang akan hadir adalah Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks.

Tingginya minat peserta memacu panitia untuk membuat berbagai terobosan untuk memaksimalkan IIMS 2013. Pada tahun ini IIMS mempergunakan lahan seluas 75.000 m˛ untuk menampilkan 36 APM dan 276 industri pendukung yang ikut mendukung pameran.

Memaksimalkan 5 area Hall JIExpo untuk APM, Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran juga menambahkan 5 semi-permanent hall. Letkanya di lokasi outdoor yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia. “Kami harap lewat dukungan IIMS 2013 terhadap industri pendukung akan membuka jalan lebih luas bagi pengembangan sub sektor-industri lokal,” tandas Sudirman.(kpl/nzr/sdi)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail