HOME » BERITA » IIMS BAROMETER INDUSTRI OTOMOTIF TERBESAR DI ASEAN

IIMS Barometer Industri Otomotif Terbesar di ASEAN

Kamis, 26 Juli 2012 17:30



IIMS Barometer Industri Otomotif Terbesar di ASEAN
Ajang IIMS 2011 (Nazar Ray)

Otosia.com - Indonesia International Motor Show 2012 ke-20 menjadi salah satu barometer industri otomotif Indonesia terbesar di ASEAN. Di kawasan Asia Tenggara, industri otomotif Indonesia mampu mengalahkan Thailand.

Hal ini didukung hasil survey oleh beberapa lembaga riset tanah air yang menyatakan saat ini Indonesia memiliki potensi pendukung yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain di ASEAN.

Potensi Indonesia untuk menjadi negara dengan industri otomotif terbesar di ASEAN juga terlihat dari beberapa keunggulan yang dimiliki. Salah satunya adalah potensi pasar yang sangat besar, mengingat angka populasi Indonesia adalah yang terbesar di kawasan ASEAN. Masih banyaknya daerah yang belum digarap secara optimal oleh APM, terutama daerah di luar Jawa dan Sumatera.

Hal lain yang juga menjadi keunggulan di Indonesia adalah terus naiknya angka GDP (Gross Domestic Product) dari tahun ke tahun. Pada kuartal pertama 2012, angka GDP Indonesia tetap kuat berada pada posisi 6,3%, dan prediksi hingga akhir tahun akan terus meningkat hingga 6,5%. Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi nasional terbesar di Asia Tenggara.

Potensi yang besar ini mendorong hampir semua APM di Indonesia untuk terus meningkatkan nilai investasinya di industri otomotif nasional dengan menambah kapasitas produksi dan juga menambah pilihan lini produk mereka di pasaran.

Pergerakan agresif dari APM ini juga ikut memperlebar peluang Indonesia berkompetisi menjadi yang terdepan di ASEAN. Kebutuhan kendaraan di Indonesia juga semakin meningkat, dan dalam beberapa tahun terakhir kenaikannya mencapai 10 15%. Hal ini tidak hanya terjadi untuk kendaraan penumpang tetapi juga untuk kendaraan niaga.

Sebagai catatan, penjualan kendaraan niaga jenis pick-up dan truk tahun lalu mencapai 270.205 unit. Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan kendaraan jenis ini juga dipastikan akan meningkat dari tahun ke tahun. Data Gaikindo juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Jumlah penjualan pada semester pertama tahun ini mencapai 535.263 unit, naik dibanding jumlah penjualan tahun lalu yang mencapai 417.683 unit.

Melihat kinerja penjualan pada semester pertama ini, Indonesia berpotensi besar mencapai jumlah penjualan sebesar 1 juta unit. IIMS 2012 sebagai pameran otomotif terbesar di tanah air ikut berperan membuka dan menjaga potensi Indonesia untuk menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN. Bahkan penyelenggaraan IIMS tahun ini berhasil melampaui Bangkok International Motor Show.(kpl/nzr/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail