HOME » BERITA » INILAH DAFTAR 10 MPV TERFAVORIT

Inilah Daftar 10 MPV Terfavorit

Selasa, 27 September 2011 16:45



Inilah Daftar 10 MPV Terfavorit
Nissan Note

Otosia.com - Bila kendaraan sedan dinilai penuh sesak menampung jumlah keluarga dan barang bawaan, sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil yang lebih besar, misalnya jenis MPV (multi purpose vehicle).

Berkat kelebihan yang dimiliki, sebuah situs otomotif di Inggris telah menyusun 10 daftar MPV terfavorit di negara itu. Tak ada salahnya, pilihan ini bisa menjadi referensi bagi peminat MPV, sebelum menjatuhkan pilihan saat membeli.

Berikut daftar 10 MPV terbaik:

1. Seat Alhambra

Ini adalah MPV terbaik tahun 2011. Alhambra punya kabin sangat luas dan praktis. Mesinnya halus dan mudah dikendarai. Harganya lebih rendah dari VW Sharan.

Desainnya yang tak terlalu besar, sedikit banyak membantu ketika diparkir di tempat yang agak sempit. Namun jika kursi deretan belakang dilipat, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan rival-rivalnya.

2. Peugeot 5008

Peugeot adalah transportasi untuk keluarga besar, dengan menawarkan hampir semua kepraktisan berkendara yang dibutuhkan. Peugeot 5008 merupakan salah satu MPVs paling praktis, berkat kabin luas dan fleksibel, dan kursi user-friendly untuk duduk, ditambah kualitas interior yang baik, dan suara mesin yang halus.

Namun terdapat beberapa kekurangan, yakni switch yang agak sulit dijangkau dan tak banyak paduan desain pada model standarnya.

3. Citroen C3 Picasso

C3 Picasso mengkombinasikan kepraktisan dengan gaya catwalk, dan aman dikendarai C3 Picasso memiliki interior luas dan kaki-kaki yang kokoh dan besar. Kenyamanannya mengesankan, sementara pandangan depan lebih leluasa.

Tapi sayang,m harganya terbilang mahal. Nampaknya Citroen perlu memikirkan ulang nilai jualnya, jika melihat peranti keselamatan hanya, salah satunya, cuma punya dua airbag.

4. Volkswagen Sharan

Sharan adalah pilihan yang sangat baik jika Anda membutuhkan ruang untuk tujuh orang dewasa. Ini juga identik kursi Alhambra bagian bawah, hanya saja lebih mahal. Sharan memiliki kabin tujuh kursi lapang, serbaguna dan berkelas. Pintu belakang model geser, sehingga praktis jika bagian dalam kendaraan padat penumpang atau barang.

Kelemahannya, fitur trim terkesan biasa saja, tidak nampak kemewahan berlebih yang ditawarkan. Sementara kursi deret ketiga sedikit lebih repot untuk dilipat, dan kapasitas mesin bensin dinilai terlalu kecil untuk MPV sekelasnya, sehingga kurang bertenaga.

5. Ford S-Max

Ini adalah sebuah MPV yang memerlukan sedikit kompromi. Cukup brilian tenaga yang dihasilkan, praktis, dan stylish baik di luar maupun di dalam. S-Max lebih menyenangkan untuk dikendarai dibandingkan MPVs lainnya. Kabin yang lapang dan serbaguna juga tersedia pada semua varian.

Sayangnya, kursi belakang tidak nyaman untuk orang dewasa dan sedikit ribet untuk dilipat. Perbedaan harga untuk versi paling lengkap dinilai terlalu jauh daripada varian di bawahnya.

6. Citroen Grand C4 Picasso

Sebuah MPV tujuh kursi yang dipandang baik, dari segi harga maupun kelengkapan yang ditawarkan. Mesin diesel yang digunakan terbilang mumpuni oleh kelas MPV. Ruang dalam besar dan, fleksibel, dan user-friendly, serta tempat duduknya nyaman.

Grand C4 Picasso terbilang paling praktis untuk berpergian bersama keluarga. Kualitas interior cukup baik dan pandangan ke depan lebih leluasa. Sloppy body control dan remote steering kurang nyaman saat dipakai mengemudi. Tata letak di dashboard kurang tertata rapih dan tidak jelas.

7. Nissan Note

Nissan Note merupakan MPV kecil praktis, di mana bagian dalamnya juga sangat berkelas. Selain harganya tidak terlalu mahal, Note dianggap sangat nyaman dikendarai. Meski kecil interiornya dirancang lebih luas untuk menampung penumpangnya. Pengaturan posisi kemudi dianggap pas dan nyaman buat pengemudi, suspensi punya keseimbangan yang baik untuk mengontrol laju kendaraan.

Tapi, harganya terlalu jauh dibandingkan MPV mini 5 pintu lainnya. Pada bagian dalam terasa sempit untuk lima penumpang, dan terkesan dipaksakan. Desainnya terlihat membosankan, dan tidak dilengkapi curtain airbags pada model entry-level.

8. Ford Galaxy

Sebuah MPV besar yang praktis dan jauh lebih murah. Galaxy lebih menyenangkan untuk dikendarai daripada MPV lain yang paling besar. Kabin yang lapang dan serbaguna tersedia pada semua varian. Namun, varian teratas yang lebih mahal dan lebih fun to drive, dirasa hampir sama praktisnya dengan model setingkat di bawahnya.

9. Volkswagen Touran

Touran sangat berkelas dan baik untuk mengemudi. Selain itu juga praktis. Touran memiliki kabin yang luas, solid dan baik untuk mengemudi. Beberapa mesin yang terpasang pada model-modelnya terbilang baik dan pas.

Sayangnya kursi bagian tengah harus diangkat untuk menampung beban maksimum. Spesifikasi tertinggi dari Touran, harganya terlalu besar dibandingkan pesaingnya yang lebih praktis.

10. Renault Grand Scenic

Mampu menampung 7 penumpang dengan baik, berkualitas untuk dikemudikan, serta dilengkapi dengan mesin yang efisien dalam hal penggunaan bahan bakar. Grand Scenic merupakan MPV kompak. Bagian dalam, yang meliputi kursi deret pertama hingga ketiga dirancang sesuai daya tampung penumpangnya. Punya kelengkapan fitur-fitur yang layak, dan baik untuk pengemudi.

Namun kursi barisan tengah tidak dapat melipat ke lantai, sehingga membatasi kepraktisan. Bobotnya terlalu berat dan besar untuk dikendalikan. Untuk pandangan ke belakang kurang praktis terutama ketika memarkir kendaraan di tempat yang agak sempit.

Jadi, yang mana MPV pilihan Anda?     (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail