HOME » BERITA » INILAH PERUBAHAN MENCOLOK PADA NEW NINJA 250

Inilah Perubahan Mencolok pada New Ninja 250


Inilah Perubahan Mencolok pada New Ninja 250
Kawasaki New Ninja 250 (Foto: Nazar Ray)
Kamis, 02 Agustus 2012 16:45

Otosia.com - PT Kawasaki Motor Indonesia benar-benar membuat  gebrakan baru dengan merilis New Ninja 250, yang tak hanya sekadar facelift, namun mengalami banyak perubahan yang hampir total. Kawasaki memperkenalkan dua varian sekaligus, baik injeksi dengan rem ABS maupun non-ABS.

Perubahan mencolok terlihat dari desain ukuran body yang lebih 'bongsor' dibandingkan generasi sebelumnya. Perubahan jelas lainnya adalah pada model tangki bahan bakar yang lebih modern.

Desain terbaru tangki bahan bakar menampilkan bentuk dan memberikan fungsi. Selain memberi imej supersport yang kuat, memungkinkan pengendara untuk tetap membentuk lengan melebar. Trik itu digunakan pembalap pabrik Kawasaki untuk meningkatkan umpan balik pada rangka di trek.

Perubahan paling jelas tentu adalah mesin, yang sudah mengaplikasi fuel-injection dengan crankcase baru, piston dan silinder baru. Untuk sasis menggunakan frame baru dan ban belakang lebih lebar. Secara keseluruhan, penampilan fisik New Ninja 250 seperti moge berkapasitas 600cc.

"Sebenarnya kami sudah mempelajari kemungkinan perubahan dan menyiapkan desain terbaru itu sejak tahun 2009 lalu. Tapi baru sekarang akhirnya kita luncuran New Ninja 250 dengan bentuk yang lebih keren," ungkap Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Department Head KMI.

Mesin

Pengaplikasian mesin embar paralel fuel injection pendingin air, 249 cm2, merupakan kekuatan baru New Ninja 250 4-tak. Torsi yang difokuskan pada putaran rendah – tengah yang responsif, dikombinasikan dengan akselerasi yang baik pada saat rpm tinggi. Fuel injection mengatur penggunaan bahan bakar secara ideal di segala kondisi.

Katup throttle bodi ganda dengan main throttle 28 mm dan sub throttle 40.2 mm mengontrol aliran udara/airflow control. Aliran udara ini adalah kunci pengiriman daya yang halus dan mulus.

ECU yang dikendalikan katup penggerak yang mengatur aliran udara, respon linear, efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih baik menghasilkan daya yang maksimal.

Sementara silinder aluminium baru Die-Cast menggunakan plated bores yang mirip dengan model supersport. Blok silindernya terbilang ringan dengan bobot kurang lebih 800 gr dan menawarkan peningkatan pembuangan panas yang lebih baik dan sempurna.

Piston baru yang lebih ringan serta dilengkapi  Hard Alumite Coating  untuk daya tahan yang lebih lama, dan pada top ring terdapat Groove atau alur untuk menyimpan oli.

Kekuatan New Ninja 250 juga terdapat pada rangka baru Diamond-Style Frame. Dengan pengembangan rangka model baru Diamond-Style menjadikan handling lebih stabil dan mantap dan menunjang pengendalian saat kecepatan menengah dan tinggi.

Hal lain yang jelas terlihat berbeda adalah desain fairing dengan model sirip dan lubang besar, yang membantu membuang aliran udara panas pada saat bergerak. Ketika terjebak dalam lalu lintas yang padat atau macet, maka teknologi inovatif, kipas radiator akan mengarahkan udara panas mesin ke bawah dan alirannya menjauh dari pengendara.

Fitur, Knalpot dan Ban

Fitur baru lainnya meliputi lampu depan bertipe multi reflektor terpisah yang memberikan kesan supersport, sementara lampu sein depan menggunakan sistem built-In model dan lampu sein belakang bergaya sharp design.

Desain panel instrument baru dengan kombinasi digital lebih informatif dan sporty. Tampilannya besar dan komplit, analog gaya tachometer, menggunakan paket instrumen baru,  semua memiliki layar LCD multi-fungsi dengan berbagai fitur, termasuk pengukur bahan bakar.

Dua indikator meteran, jam dan indikator ekonomis pengendara, LED putih lampu belakang memastikan penglihatan yang jelas di malam hari.

Sama seperti Ninja ZX-10R dan 6R, knalpot New Ninja 250 fitur peredamnya bergaya pendek atau dikenal sebagai silencer short-style.  Desain tahanan knalpot yang kompleks tanpa mengganggu sudut kemiringan motor.

Peredam stainless steel memberikan kontribusi untuk desain dan melindungi penumpang dari panas knalpot. Dengan kata lain, Silencer Short-Style baru  dengan complex cross section menghasilkan performa bagus, rendah suara dan sudut menikung lebih banyak.

Sementara desain pelek racing dengan jari-jari roda 10 memberi imej Ninja ZX-14R. Roda berkelas tinggi dilengkapi dengan ban sporty yang dirancang dengan baik untuk kedua kondisi jalan kering dan basah.

Ban belakang kini tampil lebih lebar berukuran 140 mm sehingga terlihat gagah di sektor kaki-kaki. New Ninja 250 memiliki profil ban depan 110/70 – 17 M/C dan belakang 140/70 – 17 M/C .

Begitu pula desain bagasi New Ninja 250 lebih kompak. Desain tail yang lebih compact lantaran punya tambahan bagasi ekstra dan toolkit.

Aksesori

Kawasaki juga menyediakan beberapa opsi aksesori kepada konsumen. Bila pemiliknya ingin memberikan sentuhan imej New Ninja 250 menjadi lebih sporty, single seater adalah aksesori ideal sebagai pelengkap, tajam, minimalis yang dikombinasikan dengan warna body, memberi kesan sporty dengan garis aerodinamis.

Sedangan aksesori windshield bergaya floating - gaya kaca depan – seperti yang digunakan pada Ninja ZX-10R. Desainnya mengikuti bentuk gunung, garis-garis elegan serta tajam, penampilan sporty.

Sebagai alternatif untuk layar standar sporty, kaca depan yang lebih tinggi ini dapat menjadi aksesori pilihan, yang memberikan perlindungan angin sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Untuk harga, New Ninja dengan rem ABS dijual dengan harga Rp. 56.900.000 dan tanpa rem ABS dibanderoli harga Rp. 49.900.000.(kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail