HOME » BERITA » JAGUAR XJ_E PLUG-IN HYBRID DIDUKUNG PEMERINTAH UK

Jaguar XJ_e Plug-in Hybrid Didukung Pemerintah UK

Sabtu, 30 Juni 2012 15:30



Jaguar XJ_e Plug-in Hybrid Didukung Pemerintah UK
Jaguar XJ_e Plug-in Hybrid
Mobil Terkait : Mobil Jaguar Xj Dijual

Otosia.com - Jaguar sebagai sosok mobil sport kini hadirkan jajaran mobil sedan New Jaguar XJ_e yang memperlihatkan kemampuan dan fitur terbaru Jaguar-Land Rover (JLR) dalam konsep plug-in hybrid drivetrain yang ke depannya akan dipergunakan pada jajaran mobil yang tergabung dalam group ini.

Sebelum membahas proyek Jaguar ini lebih dalam, yang harus kita ketahui bahwa proyek Jaguar XJ_e ini didanai oleh pemerintah Inggris yaitu UK Government Technology Strategy Board melalui proyek yang bernama REEVolution. Dimana para insinyur berpartner dengan perusahaan teknologi UK, untuk menciptakan kendaraan yang sangat rendah emisi dan hemat BBM.

Jaguar XJ_e ini diperkuat oleh sistem plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), yang juga dikombinasi oleh mesin bensin JLR 2.0 liter turbocharged direct-injection dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan hybridised yang sanggup menghasilkan tenaga gabungan sekitar 329 hp.

Untuk sistem hybrid sendiri menggunakan motor listrik atau generator yang sanggup menghasilkan tenaga 94 hp melalui baterai Lithium Ion berkapasitas 12.8kWh. Dengan kapasitas baterai ini bisa diisi penuh menggunakan tegangan standar 240V dalam waktu 4 jam.

Dengan baterai yang terisi penuh ini, mobil sanggup melaju dengan menggunakan energi listrik hingga jarak 40 Km. Dengan penggabungan mesin bakar dengan motor listrik, Jaguar XJ_e ini sanggup melesat dari 0-100km/h hanya dalam 6.5 detik sebelum mencapai kecepatan puncak yang dibatasi pada 250km/h.

Berdasarkan perusahaan mobil asal Inggris ini, New Jaguar XJ_e sanggup mencatatkan angka emisi gas buang CO2 dengan kurang dari 75g/km. Selain itu untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri berhasil tercatat angka 3.2liter/100 km.

Kalau Inggris mau mendanai sebuah proyek mobil ramah lingkungan, bagaimana dengan Indonesia? Akankah melakukan hal yang sama dengan mendukung karya anak-anak bangsa yang juga berjuang mengembangkan kendaraan yang ramah lingkungan baik dengan teknologi hybrid atau kendaraan listrik. (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail