HOME » BERITA » KAPAN KEPASTIAN HARGA BBM NAIK?

Kapan Kepastian Harga BBM Naik?


Kapan Kepastian Harga BBM Naik?
Ilustrasi Kenaikan BBM
Kamis, 02 Mei 2013 18:15

Otosia.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan bahwa kondisi fiskal dan APBN sudah tidak sehat karena subsidi bahan bakar minyak (BBM) terlalu besar. Jika tidak dikendalikan, hal itu menurutnya akan membuat anggaran untuk subsidi BBM membengkak sebesar Rp 297,7 triliun. Angka itu didasari pada asumsi bahwa harga keekonomian BBM saat ini Rp 10.000 per liter.

Presiden akan kembali mengambil kebijakan seperti pada periode pertama pemerintahannya, yakni memberikan uang tunai kepada masyarakat. Program yang dulu diberi nama bantuan langsung tunai (BLT) itu nanti akan dinamai bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Bantuan tunai lainnya berupa beasiswa untuk rakyat miskin dengan uang tunai. Ada pula program keluarga harapan.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2013 di Hotel Bidakara, Jakarta, itu, Presiden juga memberi gambaran kapan harga BBM akan naik.

"Kapan harga BBM naik? Bila dana kompensasi sudah siap. Begitu harga BBM naik, itu kita alirkan," pungkas Presiden.

Kendaraan Mengisi BBM di SPBU

Presiden mengatakan tidak berniat menaikkan harga BBM sampai harga pasar atau keekonomian yang mencapai Rp 10.000 per liter.

Sebelumnya, harga premium diwacanakan ditetapkan di kisaran Rp 6.000. Oleh karenanya, muncul usulan bahwa akan disediakan dua SPBU khusus dengan perbedaan harga. Satu SPBU dengan harga Rp 6.000-an, dan satu lagi berharga lebih murah atau masih disubsidi dengan angka saat ini, yaitu Rp 4.500 untuk sepeda motor dan angkutan umum. Namun sekiranya penetapan hanya dilakukan pada satu harga.(kpl/why/rd)

Artikel Terkait

BBM Premium Motor Akan Tetap Rp 4.500

Pengendalian BBM Sulit Dilakukan

Harga Premium Kemungkinan Rp 6.500

 

 









APA PENDAPAT ANDA ?
2014-1-29
detail