HOME » BERITA » KARYA ANAK BANGSA, DEBUT PERDANA PROTOTYPE GESITS

Karya Anak Bangsa, Debut Perdana Prototype Gesits

Selasa, 03 Mei 2016 21:15

Karya Anak Bangsa, Debut Perdana Prototype Gesits
Foto: Garasindo
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Sebuah kendaraan karya anak bangsa yang berbentuk alat transportasi roda dua masa depan bertekhnologi canggih yaitu skuter otomatis listrik, yang merupakan hasil pengembangan dan riset dilakukan bersama antara ITS dan Garansindo. Dengan segala penyempurnaan akhirnya pada hari ini telah dapat diwujudkan dalam bentuk prototype yang sudah mencapai tahap hampir sempurna dan telah mempunyai nama yaitu “GESITS” (Garansindo Elecric Scooter ITS).

GESITS merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dengan menggunakan baterai lithium ion, dapat menempuh jarak sejauh 80 - 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 - 3 jam. Dengan kecepatan maximum dapat mencapai 100km/jam (dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc).

Namun GESITS tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali sehingga kendaraan ini dapat menjadi solusi pengurangan polusi yang saat ini sudah sampai pada tahap sangat mengkhawatirkan yang menjadi problema global dunia. Dalam perjalanan pengembangan GESITS, ITS yang telah terbukti memiliki kemampuan di bidang pengembangan kendaraan listrik telah bekerja keras dengan kehandalan, kemampuan dan pengalaman seluruh team yang dilibatkan, ditambah dengan pengalaman Garansindo di dunia otomotif selama hampir 15 tahun.

GESITS akan dapat menjadi sebuah kendaraan handal dan hampir seluruh komponen utamanya telah berhasil diciptakan oleh anak bangsa untuk dapat diterima dengan baik di market Indonesia maupun bersaing di kancah Internasional.

CEO Garansindo M. Al Abdullah di kesempatan kali ini menyatakan “Teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi yang relatif baru dan sedang dikembangkan di beberapa Negara sehingga kesempatan GESITS untuk masuk dalam persaingan global cukup besar. Disinilah potensi yang dilihat oleh Garansindo dan mendorong kemampuan anak bangsa untuk mewujudkan Indonesia mempunyai kebangaan dengan memiliki kendaraan hasil karya Indonesia. Disamping juga melihat perlunya satu solusi untuk mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan konvesional juga melihat masih ketergantungannya Indonesia dengan import BBM apalagi melihat populasi kendaraan roda dua yang sangat besar di Indonesia. Yang merupakan pasar terbisa ketiga di dunia untuk sepeda motor”.

Acara kemunculan perdana prototype GESITS turut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Ak), Rektor ITS (Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc E.S Ph.D) dan Ketua Team Riset Gesits (DR. M. Nur . Yuniarto) dan beberapa tamu undangan.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, M.Sc E.S Ph.D menambahkan “Dalam Kunjungan Menristekdisti ke ITS kali ini, ada beberapa agenda acara terkait dengan program hilirisasi dasil penelitian yang dilakukan oleh ITS. Salah satunya adalah menyaksikan penyerahan produk Motor Listrik karya ITS kepada pihak industri (Garansindo) untuk dapat diproduksi secara masal”.

Ketua Team Riset GESITS DR. M. Nur . Yuniarto juga menambahkan “ITS sebagai lembaga pendidikan dan riset memang tidakpada posisi untuk memproduksi secara masal, melainkan hanya pada pengembangan teknologi dan desain, sehingga pada proses hilirisasi, ITS menggandeng pihak Garansindo”.

Garansindo akan segera merealisasi agar GESITS dapat segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera siap dijual ke konsumen pada tahun 2018. Maka langkah selanjutnya disamping masih diperlukan beberapa penyempurnaan dan pengujian dalam waktu dekat yang harus dilalui, Garansindo akan segera mempersiapkan basis manufaktur.

(kpl/prl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-2-24
detail

BERITA POPULER