HOME » BERITA » KENAIKAN DP SEPEDA MOTOR CAPAI 30 PERSEN

Kenaikan DP Sepeda Motor Capai 30 Persen

Rabu, 09 Mei 2012 17:10



Kenaikan DP Sepeda Motor Capai 30 Persen
Salah satu dealer resmi sepeda motor Yamaha di Jakarta (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Wacana kenaikan uang muka pembelian kredit kendaraan bermotor sempat melebar pada usaha meredam 'diam-diam' dari sejumlah dealer. Angka 20 persen pun sempat disebutkan, seakan memangkas ketetapan yang sudah disampaikan pemerintah.

Seperti sudah disampaikan, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 43 /PMK.010/2012 tentang Uang Muka Pembiayaan Konsumen untuk Kendaraan Bermotor pada Perusahaan Pembiayaan disebutkan pada Pasal 1 Ayat 1 bahwa bagi kendaraan bermotor roda dua, angka uang muka atau down payment (DP) paling rendah 20 persen dari harga jual kendaraan, bagi kendaraan bermotor roda empat yang digunakan untuk tujuan produktif paling rendah 20 persen dari harga jual kendaraan, sementara bagi kendaraan roda empat tujuan non-produktif paling rendah 25 persen.

Suzuki Cipulir di Jakarta Selatan, misalnya, akan menetapkan DP 30 persen selepas bulan Mei ini. "Tiga puluh persen. Tapi kami belum tahu apakah nanti akan ada semacam diskon," ungkap Widia, marketing dealer tersebut.

Sebelumnya, perwakilan salah satu dealer merek asal Jepang kelas menengah mengatakan bahwa Juni nanti, kenaikan mereka sekitar 20 persen. "Juni nanti kenaikan 20 persen. Makanya di bulan Mei ini ada diskon khusus," ujarnya.

Sementara itu, pemerintah tidak hanya memberikan arahan mengenai angka, tetapi juga sanksi bagi mereka yang melanggar.

"Dalam hal sampai dengan berakhirnya jangka waktu pembekuan kegiatan usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (5) Perusahaan Pembiayaan tidak juga memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (1), Menteri Keuangan mencabut izin usaha perusahaan pembiayaan yang bersangkutan," pungkasnya. (kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail