HOME » BERITA » KETATKAN ATURAN BBM MOBIL DINAS, PEMERINTAH SISIR JABAR-JATENG

Ketatkan Aturan BBM Mobil Dinas, Pemerintah Sisir Jabar-Jateng


Ketatkan Aturan BBM Mobil Dinas, Pemerintah Sisir Jabar-Jateng
Ilustrasi Hadi Purnomo
Sabtu, 28 Juli 2012 15:30

Otosia.com - Pemerintah mulai mensosialisasikan penggunaan BBM non-subsidi bagi kendaraan dinas. Namun untuk memastikan program tersebut berjalan, pengawasan ketat mulai diberlakukan.

Hal ini dilakukan karena mempertimbangkan sejumlah laporan, masih adanya mobil dinas nakal. Sehingga Tim Nasional Penghematan Pengendalian Penggunaan BBM sebagai pihak pengawas telah menyisir kawasan Jawa Barat-Jawa Tengah .

"Sosialisasi program ini terus kami lakukan. Kami menyisir dari barat ke timur. Tanggal 20 Juni lalu di Serang, Banten, lalu 21 Juni di Bandung. Jawa Barat secara keseluruhan pada 22 Juni 2012. Sosialisasi ini untuk seluruh Pemda, BUMN dan BUMD yang ada di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Termasuk SPBU yang akan melaksanakan pendistribusian BBM Bersubsidi," ungkap Hadi Purnomo, Ketua Tim Nasional Penghematan Pengendalian Penggunaan BBM, di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin lalu.

Sesuai program, pembatasan akan diterapkan mulai 1 Agustus 2012 untuk wilayah Jawa-Bali. Adapun pihaknya juga menyisir wilayah Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya dan terakhir di Bali.

Infrastruktur keberadaan SPBU dengan BBM non-subsidi menurutnya secara umum sudah siap. Walaupun ada beberapa yang akan diubah penggunaannya. "Dari sekitar 3.000 SPBU, 90 persen sudah siap," tambahnya.

Pembatasan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi konsumsi BBM Subsidi pada kendaraan dinasnya. Target pemerintah adalah menjaga agar konsumsi BBM bersubsidi tidak lebih dari 40 juta kiloliter pada tahun ini.(kpl/why/vin)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail