HOME » BERITA » KONSUMSI DAIHATSU AYLA MENCAPAI 27,1 KM PER LITER

Konsumsi Daihatsu Ayla Mencapai 27,1 Km Per Liter

Jum'at, 09 November 2012 18:38



Konsumsi Daihatsu Ayla Mencapai 27,1 Km Per Liter
Astra Daihatsu Ayla (Foto: Nazar Ray)
Mobil Terkait : Mobil Daihatsu Ayla Dijual

Otosia.com - Untuk kesekian kalinya produsen mobil mengadakan lomba irit bahan bakar. Kali ini digawangi PT Astra Daihatsu Motor lewat calon mobil murah ramah lingkungannya, Astra Daihatsu Ayla.

Seperti selalu ditekankan produsen, banyak faktor mempengaruhi konsumsi bahan bakar, antara lain gaya berkendara. Pada intinya adalah jika ingin irit bahan bakar, maka kurangi atau bahkan hilangkan nafsu untuk menekan pedal gas dalam-dalam yang mengakibatkan putaran mesin tinggi.

"Pola berkendara yang baik dan efisien dalam penggunaan BBM menjadi hal yang kami sering sampaikan. Kali ini kita dapat melihat langsung efisiensi pada Astra Daihatsu Ayla," ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor di ajang 'Astra Daihatsu Ayla Eco-Driving Challenge' yang berlangsung di Bridgestone Paving Ground, Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam uji ini, Kiyotaka Yagi dan Shingo Kubo selaku Product Division Planning Department Daihatsu Motor Co, Ltd., Jepang, memberi patokan keiritan sebagai tantangan. Kiyotaka Yagi menggunakan Ayla matik sementara Shingo Kubo Ayla manual.

Melalui dua putaran di paving ground Bridgestone (panjang 1,9 km) selama lebih kurang enam menit, M. Toha jurnalis dari Gatra Cars meraih catatan 27,1 km per liter dengan waktu 6,4 menit dengan Ayla manual. Raihannya pun tercatat sebagai yang teririt. Adapun untuk kategori Ayla matik diraih Fathra Nazrul dari Riau Pos dengan 21,6 km per liter 6,09 menit.

Dalam penjelasannya, M. Toha memaparkan bahwa ia mengikuti saran Shingo Kubo untuk mempertahankan atau konstan di kecepatan sekitar 50 km per jam, dan di tikungan lambat (bukan tikungan tajam) sekitar 40 km per jam.

Konstan di kecepatan sedang memang menjadi kunci efisiensi bahan bakar, selain juga karena Ayla dilengkapi fitur Eco-Driving untuk menginformasikan apakah gaya berkendara si pengendara sudah hemat bahan bakar. Informasi itu disampaikan melalui multi-information display yang memberikan informasi jarak rata-rata, dan untuk mengetahui seberapa efisien penggunaan bahan bakar.(kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail