HOME » BERITA » LEGENDA KALENG TOMAT YANG BISA DIBIKIN JADI KARBURATOR MOTOR

Legenda Kaleng Tomat yang Bisa Dibikin Jadi Karburator Motor

Senin, 13 Maret 2017 14:00

Legenda Kaleng Tomat yang Bisa Dibikin Jadi Karburator Motor
Foto by Istimewa
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Bicara soal kaleng untuk mengawetkan tomat, mungkin yang terbesit di dalam pikiran adalah sampah tak berguna dan patut untuk dibuang. Namun, di balik sejarah dunia motor, ternyata kaleng tersebut pernah menjadi legenda karena bisa dimanfaatkan menjadi sebuah karburator motor. Tapi bagaimana caranya? Dan benarkah itu sebuah fakta atau hanya mitos belaka?

Pemanfaatan kaleng bekas menjadi karburator motor tersebut diisukan pernah dilakukan oleh Harley dan seorang ahli mesin, Arthur Davidson, yang kemudian keduanya saling bekerjasama untuk menciptakan moge papan atas, Harley-Davidson. Ya, motor Harley-Davidson yang mereka ciptakan pertama kali dan menjadi pancang sejarah besarnya industri motor dunia itu rupanya pernah menjadi bahan perbincangan karena menggunakan kaleng tomat untuk mendukung pengapian.

Tidak dijelaskan secara detil bagaimana dua pria itu mampu mengkombinasikan bahan tipis sebuah kaleng menjadi komponen 'pengaduk' antara udara dan bahan bakar, hingga bisa menyuntikkan ruang pengapian. Namun berdasarkan catatan sejarah, penemuan awal sepeda motor yang kini berkembang menjadi brand moge papan atas tersebut, menggunakan peranti yang memang terbilang masih sangat sederhana, bahkan dapur pacunya pun hanya mampu menggerakkan motor kurang dari 40 Km/jam.

Lama-kelamaan, cerita soal karburator dari kaleng tersebut berhembus menjadi pertanyaan dan sekadar legenda yang cukup membingungkan untuk dijawab.

Di dalam buku yang ditulis oleh Willie G. Davidson berjudul "100 Years of Harley Davidson", Chapter One 1903 - Ideas in Motion: Assembling the First Bike, sang penulis mengemukakan bahwa dari hati kecilnya ia ingin percaya bahwa hal itu memang benar-benar terjadi. Akan tetapi, mengingat betapa seriusnya para penemu motor tersebut merangkainya dalam bingkai blue print yang sangat kompleks, ia merasa sangat tidak bisa dipercaya jika Harley dan Davidson menggunakan teknologi seprimitif itu.

Di sisi lain, terdapat pula kisah yang menyinggung nama Ole Evinrude sebagai sosok yang turut memberikan ide dalam pembuatan karburator sederhana itu. Hal tersebut merujuk pada tempat di mana sang penemu merangkai motor mereka, yakni di dapur. Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di dapur, contohnya kaleng bekas, mereka berhasil membuat komponen mesin satu silinder empat langkah dengan kubikasi piston 175cc.

Belum ada klarifikasi atau pun penjelasan yang lebih signifikan mengenai cerita dan mitos tersebut sejak muncul beberapa tahun setelah motor Harley-Davidson pertama kalinya dibangun. Kisah itu pun kini masih menjadi misteri yang 'mengudara' bertahun-tahun lamanya.

(kpl/sdi)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-3-24
detail

BERITA POPULER