HOME » BERITA » MAU IRIT BBM, REMAP ECU

Mau Irit BBM, Remap ECU


Mau Irit BBM, Remap ECU
Remaping ECU Mobil
Jum'at, 20 April 2012 08:30

Otosia.com - Banyak cara yang bisa ditempuh untuk membuat kendaraan menjadi irit bahan bakar. Dari cara tradisional alias cara berperilaku berkendara, penggunaan bahan bakar yang tepat hingga pembelian alat bantu maupun suatu usaha yang memerlukan biaya besar.

Mungkin Anda sudah mengetahui tentang istilah engine control unit (ECU), yang merupakan sebuah perangkat komputer yang terdapat pada sebuah kendaraan. Dengan kata lain perangkat ini sama halnya seperti otak dari sebuah kendaraan yang mengatur kinerja mesin secara elektronik.

Dari penyemprotan bahan bakar, penyalaan busi, pembukaan katup hingga berbagai perangkat teknologi yang berhubungan secara elektronik seperti pembatasan kecepatan kendaraan diatur di dalam ECU ini. Tapi bagi beberapa bengkel atau tuning hause banyak yang memiliki peralatan untuk remaping ECU ini.

Remap ECU ini adalah men-download data mobil yang berada di ECU kemudian data pemrograman ini di atur kembali sesuai permintaan pemiliki kendaraan. Cara ini juga bisa untuk meningkatkan performa kendaraan, meng-unlock speed limiter bahkan bisa untuk menghemat BBM kendaraan Anda.

Tapi dalam hal remap ECU ini tidak semua bengkel bisa, pasalnya, apabila sang tuner salah melakukan remap atau terjadi kegagalan proses download dan upload saja kendaraan bukan malah lebih baik tapi jadi tidak karuan. Maka dari itu jasa remap ECU ini terbilang mahal.

Kebanyakan tuner yang melakukan remap ECU agar aman saat mengandalkan Viezu. Dimana data yang di-download menggunakan alat khusus ini nantinya akan dikirim ke server Viezu Headquarter yang berlokasi di Inggris untuk proses remap sesuai permintaan.

Nah, untuk remap ECU agar kendaraan hemat BBM rata-rata waktu yang diperlukan hingga upload data kembali ke mobil akan butuh waktu 60 menit. Tapi biaya yang harus di keluarkan agar mobil hemat BBM dengan cara ini adalah Rp 1.1 juta/silinder, jadi apabila semakin banyak jumlah silinder kendaraan akan semakin mahal bukan?

Walau mahal, usaha yang satu ini berguna untuk jangka waktu yang panjang. Untuk saat ini, remap ECU mengandalkan Viezu hanya terbatas pada kendaraan Eropa. Dan Salah satu contoh pada sebuah mobil BMW 328i di atas tahun 2004 konsumsi BBM saat dipakai di kota dengan kondisi lalu-lintas selalu padat dapat mencapai 1l:7km. Tapi setelah melakukan remap kini dapat mencapai 1l:9km.

Peningkatan dalam konsumsi BBM juga akan berbeda-beda pada setiap kendaraan dan juga akan sangat berkaitan erat dengan bahan bakar yang sering digunakan. Selain itu juga perilaku berkendara juga punya pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. (kpl/vin)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail