HOME » BERITA » MAU PEUGEOT MURAH, MOBIL HARUS CKD

Mau Peugeot Murah, Mobil Harus CKD


Mau Peugeot Murah, Mobil Harus CKD
New Peugeot 408
Jum'at, 13 Juli 2012 10:00

Otosia.com - Jawaban cukup senewen selalu terutarakan ketika pihak pemasar mobil Eropa disinggung pertanyaan seputar mengapa mobil mereka cenderung mahal saat sampai di Indonesia, terlepas dari teknologinya. Ketika pertanyaan itu sampai ke Peugeot di bawah naungan PT. Astra Internasional Tbk, pimpinannya melihat bahwa proses beli-utuh atau CBU masih menjadi sandungan.

"Kalau mau bersaing harga dengan produk Jepang, Peugeot memang seharusnya diimpor dalam bentuk CKD (completely knocked down). Tidak seperti sekarang, impornya masih berbentuk CBU (completely build up)," ungkap Chief Executive Officer PT. Astra International Tbk-Peugeot Constantinus Herlijoso.

Herlijoso pun membandingkan perkembangan pasar mobil Eropa di Tanah Air dengan Malaysia. Ia menyebut bahwa sebagian besar impor mobil Eropa di negeri seberang tersebut sudah dalam bentuk CKD. Hal tersebut yang membuat pasar mobil Eropa di sana lebih subur mengingat harganya lebih bersaing.

"Itu makanya pangsa pasar mobil Eropa di negara tersebut relatif tinggi. Beda dengan di Indonesia, pertumbuhan penjualan mobil Eropa relatif kecil, sekitar 2 persen per tahun," tambahnya seraya menyebut bea masuk mobil CBU sebesar 40 persen membuat harga jualnya relatif lebih mahal.

Di pasar ASEAN sendiri, Malaysia memang disebut sebagai pasar besar bagi mobil Eropa, khususnya untuk tipe sedan. Adapun Singapura lebih pada MPV, dan Thailand pick-up double cabin. (kpl/why/vin)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail