HOME » BERITA » MERCEDES-BENZ TERANCAM ABSEN DI IIMS 2012

Mercedes-Benz Terancam Absen di IIMS 2012


Mercedes-Benz Terancam Absen di IIMS 2012
Booth Mercedes-Benz pada IIMS 2011 (Foto: Nazar Ray)
Kamis, 26 April 2012 13:12

Otosia.com - Keikutsertaan Mercedes-Benz dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 hingga kini masih mengundang tanya tanya, menyusul keengganan Mercy memberikan data produksi dan distribusi bulanan seperti yang disyaratkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk para anggotanya.

Jika Mercedes-Benz Indonesia terus 'membandel' dan mengulur-ulur waktu, Gaikindo mengaku tak segan-segan untuk mengeluarkan Mercy dari keanggotaan dan terancam tidak bisa mengikuti IIMS. Sampai sekarang Gaikindo masih menantikan jawaban resmi dari pihak Mercedes-Benz terkait data penjualan.

"Mengenai Mercy boleh ikut atau tidak, begini. Memang kami di Gaikindo ada ketentuan bahwa setiap anggota harus memberikan data penjualan setiap bulan dan lain-lain. Namun hingga kini Mercy belum memberikan data dengan alasan ini merupakan ketentuan dari kantor pusat mereka di Jerman," ungkap Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo pada saat jumpa pers persiapan IIMS 2012 di Jakarta, Rabu (25/4).

Menurut Sudirman, kewajiban anggota untuk melaporkan angka produksi dan distribusi sudah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Gaikindo, sehingga Mercy diminta wajib mentaati aturan tersebut.

"Kami sudah menjelaskan, semua anggota (Gaikindo) harus sama, bahwa kami ada aturan mainnya, ada anggaran dasar dan rumah tangga. Kalau Mercy tidak memberikan data-data seperti yang selama ini diberikan, ya kami (Gaikindo) minta maaf tidak bisa untuk menerima Mercy sebagai anggota," tegasnya.

Sudirman mengaku, pihak Gaikindo terus melakukan komunikasi dengan pihak Mercedes, meski pada akhirnya bersikap melunak guna memberikan kesempatan pada Mercy untuk melakukan konsolidasi internal dengan prinsipalnya hingga akhir bulan April.

Berdasarkan hasil surat-menyurat dengan Gaikindo, Mercy mengaku saat ini konsolidasi dengan prinsipalnya belum selesai. Tapi belakangan, Mercedes minta waktu, mundur lagi hingga dua bulan sampai Mei.

Sikap Mercy kemudian direspon Gaikindo dengan menggelar rapat pengurus pada akhir Maret lalu dan hasil rapat memutuskan untuk memberikan kelonggaran kepada Mercedes sampai akhir bulan April. Jika Mercy kembali molor dari kesempatan yang diberikan, maka Gaikindo tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas terhadap nasib Mercedes.

"Hingga kini belum ada jawaban dari Mercy, kami masih terus menunggu. Barangkali minggu depan sudah ada jawaban," ujar Sudirman.

Sebelumnya Gaikindo mengancam akan mengeluarkan produsen mobil mewah asal Jerman ini dari keanggotaan Gaikindo setelah mangkir beberapa kali ketika diminta melaporkan angka penjualan bulanan. Namun niat Mercedes-Benz Indonesia untuk memberikan laporan masih terbentur tembok kebijakan prinsipalnya di Jerman.

Mercedes-Benz Indonesia sendiri sudah menyatakan tidak ingin keluar dari keanggotaan karena menganggap peranan Gaikindo selama ini sangat membantu dan memberi arti sangat penting bagi Mercy terutama dalam melancarkan bisnis otomotif di Indonesia. (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail