HOME » BERITA » MERCY TERANCAM DICORET DARI GAIKINDO

Mercy Terancam Dicoret dari Gaikindo


Mercy Terancam Dicoret dari Gaikindo
Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo (Foto: Nazar Ray)
Rabu, 09 Mei 2012 10:55

Otosia.com - Kesabaran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) rupanya sudah mulai habis terhadap sikap Mercedes-Benz yang selalu menunda-nunda data produksi dan distribusi bulanan. Gaikindo mengancam mencoret nama Mercy dari keanggotaan setelah batas waktu 16 Mei 2012 pihak Mercedes masih membandel.

Mercedes-Benz melalui pengacaranya yang dikirim langsung prinsipalnya dari Jerman meminta Gaikindo memberi kelonggaran waktu hingga 16 Mei mendatang. Menurut Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo, pengacara Mercedes-Benz sebelumnya telah mengunjungi Gaikindo dan Kemenperin untuk menyelesaikan perseteruan tersebut.

"Ya kami kasih waktu lagi sampai 16 Mei. Tapi sebenarnya kami tidak menginginkan Mercedes keluar dari keanggotaan Gaikindo, makanya sesuai permintaan mereka kami beri waktu lagi sampai 16 Mei ini," ujar Sudirman di sela-sela peluncuran BMW X3 rakitan lokal di pabrik Gaya Motor, Sunter II, Jakarta Utara, Selasa (8/5).

Sebelumnya pada Maret lalu Gaikindo menggelar rapat pengurus yang memutuskan memberi kelonggaran kepada Mercedes sampai akhir bulan April. Tapi belakangan, Mercedes minta waktu, mundur lagi hingga bulan Mei dengan alasan melakukan konsolidasi internal dengan prinsipalnya di Jerman.

Gaikindo memiliki ketentuan bahwa setiap anggota harus memberikan data penjualan setiap bulan dan lain-lain. Namun hingga kini Mercy belum memberikan data dengan alasan ini merupakan ketentuan dari kantor pusat mereka di Jerman.

Menurut Sudirman, kewajiban anggota untuk melaporkan angka produksi dan distribusi sudah diatur dalam AD/ART Gaikindo, sehingga Mercy diminta wajib mentaati aturan tersebut.

"Kami sudah menjelaskan, Gaikindo ada aturan mainnya, ada anggaran dasar dan rumah tangga. Kalau Mercy tidak memberikan data-data seperti yang selama ini diberikan, ya kami (Gaikindo) minta maaf tidak bisa untuk menerima Mercy sebagai anggota," tegasnya.

Mercedes-Benz Indonesia sendiri sebelumnya sudah menyatakan tidak ingin keluar dari keanggotaan karena menganggap peranan Gaikindo selama ini sangat membantu dan memberi arti sangat penting bagi Mercy terutama dalam melancarkan bisnis otomotif di Indonesia. (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail