HOME » BERITA » MESIN MOBIL MURAH TOYOTA SUDAH DIRAKIT?

Mesin Mobil Murah Toyota Sudah Dirakit?

Kamis, 05 Juli 2012 11:55



Mesin Mobil Murah Toyota Sudah Dirakit?
Toyota Aygo

Otosia.com - Kabar mengenai mobil murah Toyota berharga Rp 60 juta-Rp 80 juta beredar kencang seiring harapan konsumen mobil murah dari merek andalan di Indonesia. Namun sekeras juga tampikan pihak Toyota tentang rencana yang masuk dalam program pemerintah low cost & green car (LCGC) ini, sebuah sumber memberikan semacam angin segar.

"Mesinnya sudah dibuat, termasuk juga brake pad (kanvas rem), dan bagian-bagian lain," ungkap sumber yang sengaja kami rahasiakan.

Program LCGC sendiri masih belum dituntaskan selaras dengan derasnya program BBM non-subsidi plus konverter BBG dan hibrida. Namun Toyota Motor Corporation selaku prinsipal memang tengah serius menggarap mobil di segmen tersebut. Salah satu tujuannya adalah pasar India dengan banderol 6.000 dollar AS atau sekitar Rp 57 juta, atau lebih murah dari Etios (sekitar Rp 90 juta).

Executive Vice President Toyota, Yukitoshi Funo, menyebutkan bahwa dalam jangka panjang Toyota tak akan lagi bergantung pada pasar negara maju seperti Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. Mereka akan menggeser produksi dan penjualan ke negara-negara berkembang seperti China, India, dan Brasil dengan pertimbangan wilayah luas dan populasi penduduk tinggi.

"Di negara berkembang, kami bersaing dengan empat pabrikan lain yang mengincar segmen yang sama," ungkapnya pada sebuah kesempatan.

Mengenai mobil murah ini, sempat beredar kabar bahwa ia dinamai 'Project A'. Sumber lain menyebutnya Agya, Wego, dan yang sudah beredar di internet adalah Aygo. Adapun sumber lainnya menambahkan keyakinan bahwa mobil tersebut akan dihelat di Indonesia International Motor Show 2012 (IIMS 2012) dengan mesin berkapasitas 1,0 liter. (kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail