HOME » BERITA » MICROBUS LISTRIK KARYA LIPI DIUJI COBA BESOK

Microbus Listrik Karya LIPI Diuji Coba Besok

Senin, 25 Juni 2012 19:35



Microbus Listrik Karya LIPI Diuji Coba Besok
Microbus listrik karya LIPI (Foto: LIPI)

Otosia.com - Momen Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang jatuh pada tanggal 26 Juni akan dimanfaatkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk memberikan 'hadiah' bagi dunia otomotif nasional. Hadiah tersebut adalah sebuah prototype microbus listrik hasil rekayasa Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI, Bandung.

Pada peringatan Harteknas yang ke-17 besok, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menguji coba microbus listrik yang bisa mengangkut 15 penumpang, yang merupakan kendaraan listrik kedua buatan LIPI. Sebelumnya di tahun 2010 lalu, LIPI berhasil memodifikasi sistem penggerak Kijang Super 1994, menjadi berbasis listrik.

Kendaraan listrik ini dirancang untuk penggunaan dalam kota dengan kondisi lalu lintas yang macet. Karena itu pula bus diklaim sedang diuji-coba di dalam kota. Dengan menggunakan tenaga listrik, biaya operasional microbus ini bisa diturunkan sampai 50 persen dan perawatan 70 persen.

"Dengan ini pemakaian energi menjadi lebih efisien, pengeluaran uang untuk operasional bisa ditekan. Di samping itu, juga mengurangi polusi saat macet," kata Prof. Dr. Agus Hoetman, Staf Ahli Menteri Riset dan Teknologi, dalam sebuah rilis BBPT.

Dalam rilis tersebut juga disebutkan bahwa microbus listrik buatan LIPI tersebut sudah diuji-coba di jalan tol Jakarta - Bandung. Hasilnya, untuk perjalanan Jakarta - Bandung sejauh 150 km, baterai berkapasitas 500 Ampere hanya diisi sekali.

Berbekal baterai berjenis Lithium (LifeP04) buatan dalam negeri, kendaraan ini bisa dikebut mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam. Namun sayang tak dijelaskan soal berapa penumpang yang ikut dalam uji-coba tersebut dan pemakaian penyejuk ruangan (AC) mobil selama uji-coba.

Beberapa pihak yang akan ikut dalam uji-coba tersebut adalah Menristek Gusti Muhammad Hatta beserta rombongan dan wartawan dari Gedung BPPT menuju Monas dan kembali ke BPPT lagi.(kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail