HOME » BERITA » MOBNAS LISTRIK BANYAK PEMINAT, MINIM PEMBELI

Mobnas Listrik Banyak Peminat, Minim Pembeli


Mobnas Listrik Banyak Peminat, Minim Pembeli
Prototipe microbus listrik produksi LIPI (Foto: Istimewa)
Selasa, 26 Juni 2012 22:35

Otosia.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah memperkenalkan mikrobus nasional bertenaga energi listrik, dan telah melakoni uji coba yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Selasa (26/6) siang. Mobil ramah lingkungan hasil rekayasa Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI tersebut diberi nama Hevina (Hybrid Electric Vehicle Indonesia), yang mampu membawa 15 orang penumpang.

Kepala Penelitian LIPI untuk pengembangan bus listrik tersebut, Ir. Abdul Hapid, usai uji coba di Gedung BPPT mengungkapkan bahwa sudah ada peminat bus listrik dan juga mobil listrik nasional yang lain, tetapi belum sampai tahap serius.

"Sejauh ini peminat masih dalam tahap telepon-telepon saja belum ke tahap serius," kata Hapid.

Selain itu, hingga kini juga belum ada perusahaan yang ingin memproduksi massal prototipe, padahal mobil dan bus listrik itu sudah ada sejak tahun lalu.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia Gusti Muhammad Hatta dalam jumpa pers dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Jakarta, Selasa (26/6), menegaskan bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk melobi para investor agar mau memproduksi mobil nasional listrik.

"Kita hanya meneliti, kalau memproduksi itu urusan perusahaan. Tapi Kementerian Ristek sedang berkoordinasi dengan kementerian terkait dan pelaku usaha, agar bus listrik ini bisa diproduksi massal," kata Menristek. (kpl/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail