HOME » BERITA » MITSUBISHI SIAPKAN TRUK LISTRIK DAN OUTLANDER HYBRID

Mitsubishi Siapkan Truk Listrik dan Outlander Hybrid


Mitsubishi Siapkan Truk Listrik dan Outlander Hybrid
Mitsubishi Outlander Hybrid (Foto: Autonews)
Senin, 02 Januari 2012 12:34

Otosia.com - Mitsubishi tengah menyiapkan kendaraan truk listrik dan akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2013 mendatang. Demikian harian bisnis Nikkei Jepang melaporkan beberapa waktu lalu. Mitsubishi telah menjadi salah satu pembuat mobil yang memasuki pasar EV (electric vehicle) dengan iMiEV, sebuah mobil-listrik perkotaan, sama halnya SUV Outlander yang juga diikuti beberapa varian PSA Peugeot Citroen.

Mengenai Outlander, Mitsubishi menyatakan bahwa versi mobil hybrid crossover dipasarkan dalam waktu yang sama dengan truk bertenaga listrik. Konsep PX-MiEV II diresmikan kurang dari sebulan yang lalu di Tokyo Motor 2011, yang memberikan petunjuk lebih dekat tentang powertrain yang bakal diberikan pada Outlander hybrid versi produksi massal.

Mitsubishi Outlander Plug-in hybrid didukung oleh mesin 2.0-liter bensin MIVEC dengan output 94 HP, dan varian sports berpenggerak motor listrik bertenaga 80 HP (60 kW), satu di antaranya berpenggerak roda depan dan yang lainnya di belakang. Power ditransfer ke keempat roda melalui Lancer Evolution X's Super-all wheel drive yang dikawinkan dengan sistem AWD twin-motor baru.

Produsen mobil Jepang ini berambisi untuk meluncurkan delapan model listrik atau plug-in hybrid,sekaligus bertekad menjadi pemimpin kendaraan listrik global pada tahun 2016. I-MiEV akan mulai dijual di Amerika bulan depan sebagai 'I', sedangkan crossover hybrid 2013 akan menjadi produk global.

Untuk harga Mitsubishi truk listrik belum diperoleh informasi pasti, namun Nikkei menyebutkan, setelah mendapat subsidi dari pemerintah Jepang truk tersebut dijual sekitar 1,5 juta yen (US$ 19.200) dan juga akan tersedia untuk pasar di luar Jepang.  (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail