HOME » BERITA » MOBIL KELUARGA YANG NYAMAN UNTUK MUDIK

Mobil Keluarga Yang Nyaman Untuk Mudik


Mobil Keluarga Yang Nyaman Untuk Mudik
MPV yang nyaman dipakai mudik
Rabu, 25 Juli 2012 08:30

Otosia.com -

Faktor penting kendaraan keluarga atau Multi Purpose Vehicle  adalah kenyamanan. Apalagi kendaraan tersebut yang akan dipergunakan untuk menempuh perjalanan jauh saat mudik nanti. Selain kenyamanan faktor jantung pacu juga harus menjadi pertimbangan.

Kendaraan yang nyamanan akan sangat membantu baik pengemudi dan penumpang terhindar dari capek yang berlebih. Sebab jika faktor ini diabaikan saat membeli dan memilih mobil, risiko kecelakaan yang disebabkan kelelahan bisa saja terjadi.

Untuk itu, otosia.com memiliki beberapa pilihan mobil bekas model MPV yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih sebuah kendaraan untuk mudik nanti. Yang pertama, bagi Anda yang memiliki dana hingga di atas Rp 200 jutaan ada pilihan antara Toyota Kijang Innova, Izusu Panther dan Nissan Serena.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki dana di bawah Rp 200 juta ada berbagai macam pilihan seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Freed, Nissan Grand Livina dan sang pendatang baru Suzuki Ertiga. Lalu bagi yang mencari MPV murah kisaran harga Rp 90 - Rp 120 juta, Anda bisa memilih Mitsubhisi Kuda, Kia Carnival Diesel dan juga Toyota Kijang LGX.

Pertimbangan pilihan kendaraan di atas didasarkan dari segi utama kenyamanan, daya angkut, performa mesin dan juga faktor keselamatan. Untuk mobil bekas sekiranya faktor umur kendaraan juga menjadi pertimbangan kuat. Untuk harga mobil di atas Rp 125 jutaan sebaiknya Anda bisa memilih kendaraan dengan usia minimal 5 tahun atau dengan jarak tempuh tidak lebih dari 50.000 km.

Sedang untuk MPV dengan harga di bawah Rp 120 juta, dengan persyaratan umur kendaraan tidak lebih dari 10-12 tahun atau jarak tempuhnya tidak melebihi 100.000 km. Memang persyaratan ini seakan ketat, namun dengan pertimbangan ini kenyamanan dan faktor keselamatan menjadi prioritas utama.

Spesifikasi Teknis Mesin

Untuk Toyota Kijang Innova, lebih baik memilih varian mesin diesel karena memiliki tingkat konsumsi BBM lebih irit. Dengan kapasitas mesin 2.5 liter mampu menghasilkan tenaga 102 hp dengan torsi 260 Nm. Kemudian untuk Izusu Panther dengan kapasitas mesin diesel sama 2.5 liter menawarkan tenaga yang lebih kecil yaitu 80 hp dengan torsi 191 Nm.

Kemudian untuk Nissan Serena menawarkan performa mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dengan tenaga 147 hp serta torsinya mencapai 198 Nm. Lalu untuk kendaraan MPV dengan harga di bawah Rp 200 juta rata-rata memiliki spesifikasi mesin sama yaitu dengan kapasitas 1.5 liter empat silinder. Hanya saja performa yang ditawarkan berbeda namun tidak terlalu berbeda jauh.

Nah, kemudian untuk 3 kendaraan MPV murah yang disebutkan di atas, otosia memilih versi mesin diesel. Dan Kia Carnival/Sedona merupakan MPV dengan mesin paling besar yaitu bermesin V6 3.0 liter dan sudah dilengkapi dengan turbo diesel. Sedangkan untuk Toyota Kijang dan Mitsubishi Kuda mesin diesel diperkuat dengan kapasitas 2.0 liter.

Fitur dan Kenyamanan

Dari beberapa jenis mobil MPV di atas, semua telah dilengkapi dengan fitur hiburan yang cukup sesuai standar. Kemudian untuk sektor keselamatan standar seperti rem ABS, Airbag dan sabuk pengaman juga ada. Lalu untuk faktor kenyamanan, Kia Carnival dengan harga murah mampu memberikan nilai lebih dibanding yang lainnya.

Sekali lagi pilihan tetap menjadi keputusan Anda, tetapi jangan lupa akan faktor penting yang disampaikan di atas. Sebab kenyamanan dan keselamatan keluarga dalam perjalanan jauh harus menjadi prioritas utama saat berkendara.(kpl/vin)


Mobil Terkait : Mobil Toyota Kijang Innova Dijual








APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail