HOME » BERITA » MOBIL PERTAMBANGAN DAN PERKEBUNAN JUGA WAJIB PERTAMAX

Mobil Pertambangan dan Perkebunan Juga Wajib Pertamax

Minggu, 06 Mei 2012 16:21



Mobil Pertambangan dan Perkebunan Juga Wajib Pertamax
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Kewajiban penggunaan bahan bakar pertamax rupanya tidak hanya diarahkan pada kendaraan dinas pemerintahan, tetapi juga kepada sektor pertambangan dan perkebunan. Seperti diumumkan Kementerian Perekonomian, Rabu (2/4), kendaraan pengangkut hasil pertambangan dan perkebunan tidak diperkenankan lagi menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Dalam rangka menjaga quota, ini harus kita awasi jangan sampai terjadi penyalahgunaan di daerah, karenanya kita sudah melarang perkebunan dan pertambangan, kendaraannya menggunakan bahan bakar bersubsidi itu tidak boleh," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Kementerian Perekonomian, Jakarta.

Perusahaan tambang dan perkebunan harus memiliki tangki sendiri untuk menampung bahan bakar minyak yang tidak bersubsidi. "Nanti Pertamina mengedrop bahan bakar yang tidak bersubsidi," ujarnya.

Demi menghindari kebocoran penggunaan BBM bersubsidi, BPH Migas sebagai penanggung jawab pengawasan diwajibkan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Penekanan biaya atau penghematan pun diberlakukan, salah satunya dengan memangkas jarak tempuh mobil-mobil tersebut.

"Artinya harus terjadi penghematan kalau dia biasanya 30 kilometer berjalan, mungkin sekarang cukup 20 kilo meter sehingga terjadi budaya penghematan," ujarnya.

Pengendalian konsumsi BBM bersubsidi dalam waktu dekat akan diberlakukan. Namun Hatta meminta agar publik tidak berspekulasi. "Dalam waktu dekat, InsyaAllah bulan Mei ini," pungkasnya. (kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail